Students’ problems in writing descriptive text (a case study at sman 1 jekulo kudus academic years 2019/2020)

Pramadi, Novan (2019) Students’ problems in writing descriptive text (a case study at sman 1 jekulo kudus academic years 2019/2020). Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
CHAPTER II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
CHAPTER III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
CHAPTER IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
CHAPTER V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
CHAPTER VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
REFERENCES.pdf

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran]
Preview
Text (Lampiran)
APPENDICES.pdf

Download (379kB) | Preview

Abstrak

Menulis merupakan hal yang tidak mudah untuk dilakukan karena banyak hal yang harus kita perhatikan disaat kita menulis sesuatu. Banyak siswa yang belum bisa untuk menulis paragraf atau teks dengan baik dan benar dan terutama saat menulis deskriptif teks. Dalam penelitian kali ini, penulis mencoba mengkaji masalah yang dialami siswa saat menulis sebuah teks deskripsi baik dari segi masalah akademis, bahasa dan sisi psikologi anak dalam menulis. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui masalah apa yang dialami siswa saat menulis deskriptif text di SMA1 jekulo Kudus pada tahun akademik 2019/2020. Iniadalahpenelitiankualitatifdeskriptif.Penelitimenggunakankuesioner dan interview untukmengumpulkan data. Penulis menggunakan kuesioner untuk mencari tahu masalah dalam menulis yang dialami siswa sedangkan interview untuk mencari tahu strategi yang akan diterapkan guru untuk mengatasi masalah tersebut. Partisipan dalam penelitian ini adalah 35 siswa kelas XI Bahasa SMA 1 Jekulo Kudus dan guru bahasa inggris tahun akademik 2019/2020. Dan untukmenganalisis data, penelitianinimenggunakanpersentase dan tabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menurut siswa, dalam aspek bahasa, kemampuan siswa dalam menulis kurang terlalu baik dan kemampuan akademis siswa kurang baik dalam memahami sebuah teks. Serta siswa masih mengalami kesulitan dalam membedakan satu teks dengan yang lain. Selain itu kompetensi siswa juga belum terlalu cukup soal grammar, vocabulary dan pronounciation sehingga mempengaruhi siswa dalam menulis deskriptif teks.Dalam aspek psikologi, beberapa siswa mengalami kesulitan dalam berinteraksi dengan siswa yang lain. Selain itu, siswa juga terkadang mempunyai masalah pribadi yang sulit untuk diberitahukan sehingga mempengaruhi siswa dalam belajar b.inggris.itu juga dikuatkan dengan pernyataan yang di kemukakan oleh guru setelah penulis melakukan beberapa pertanyaan interview kepada guru bahasa inggris dan guru bahasa inggris mengklaim bahwa murid mempunyai beberapa masalah dalam grammar, kosakata, dan di kemampuan menulis siswa. Siswa juga mempunyai masalah pribadi dan basis kompetensi bahasa inggris siswa juga kurang bagus. Kesimpulan penelitian ini adalah siswa kelas XI Bahasa SMAN 1 Jekulo kudusmasih banyak yang belum memiliki kompetensi yang cukup disaat menulis terutama dalam aspek bahasa seperti grammar,kosakata dan penggunaan simbol. Serta siswa masih kesulitan dalam merangkai paragraf dan membedakan deskriptif teks dengan yang lain. Selain itu beberapa siswa juga memiliki kompetensi belajar yang berbeda dan beberapa siswa memiliki masalah dalam pembelajaran.Dengan tambahan, guru juga mengklaim bahwa siswa memiliki masalah dalam grammar, membangun kosakata, tanda baca dan di kemampuan akademis menulis siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Sri Surachmi W,M.pd. Dosen Pembimbing 2: Rusianan,S.Pd.M,pd
Kata Kunci: Masalah siswa dalam menulis,deskriptif text, sekolah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Nov 2020 02:26
Last Modified: 04 Nov 2020 02:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12852

Actions (login required)

View Item View Item