The effectiveness of using cartoon movie to teach english vocabulary in jun6ior high school

Rahayu, Saiha Endri (2019) The effectiveness of using cartoon movie to teach english vocabulary in jun6ior high school. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of hal. Depan]
Preview
Text (hal. Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran]
Preview
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstrak

Kosa kata bahasa Inggris adalah salah satu komponen bahasa yang harus dikuasai oleh para siswa dan merupakan dasar pelajaran untuk mempelajari bahasa Inggris dengan baik. Belajar kosa kata sangat penting karena jika kita akan belajar berbicara dan menulis kita harus tahu kosa kata terlebih dahulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada kosa kata bahasa Inggris dari siswa kelas tujuh di SMP N 3 Tambakromo Pati pada tahun ajaran 2018/2019 sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan film kartun. Penelitian ini merupakan penelitian eksperiman khususnya penelitian tak benar.Penulis melakukan uji coba sebelum melakukan pre-test kemudian dilanjutkan dengan pemberian latihan, dan post-test.Populasi yang digunakan adalah semua kelas VII dan sampelnya kelas VII A. Setelah melakukan 3 tahapan tes, kemudian penulis memberi nilai pada masing-masing tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa reliabiliti untuk uji coba adalah 0,461 dan termasuk standar. Nilai tertinggi hasil pre-test 85, nilai terendah 20, standar deviasi 14,85 dan nilai rata-rata 50,08. Sedangkan nilai tertinggi post test 95, nilai terendah 55, standar deviasi 8,89 dan nilai rata-rata 71,7. Dengan demikian nilai to 11,2 dengan tingkat signifikan 0,05, degree of freedom (df) 24, dan t-table 2,064. Sehingga t-observasi lebih besar daripada t-table. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan signifikan dari siswa kelas tujuh SMP N 3 Tambakromo tahun ajaran 2018/2019 sebelum dan sesudah diajar menggunakan film kartun. Berdasarkan pernyataan tersebut dikatakan null hipotesis ditolak dan hipotesis penelitian diterima. Dari hasil penelitian diatas, penulis berharap guru dapat menggunakan media tersebut dalam proses belajar mengajar, sehingga siswa dapat dengan mudah mengingat kosa kata dalam bahasa Inggris. Penelitian ini menunjukkan bahwa film kartun efektif untuk kegiatan belajar mengajar kosa kata bahasa Inggris bagi siswa kelas tujuh SMP N 3 Tambakromo pada tahun ajaran 2018/2019. Dan saran dari penelitian ini adalah guru bahasa Inggris dapat menggunakan film kartun dalam belajar dan mengajar kosa kata.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Nuraeningsih, S.Pd, M.Pd Dosen Pembimbing 2: Aisyah Ririn Perwikasih Utari, SS, M.Pd
Kata Kunci: film kartun, penguasaan kosa kata bahasa Inggris
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Nov 2020 02:59
Last Modified: 04 Nov 2020 04:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12857

Actions (login required)

View Item View Item