Penerapan model inkuiri berbantuan labaku Untuk meningkatkan pemahaman konsep Siswa kelas iv sd 2 getas pejaten

Pratiwi, Galuh Bhakti (2019) Penerapan model inkuiri berbantuan labaku Untuk meningkatkan pemahaman konsep Siswa kelas iv sd 2 getas pejaten. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
HAL DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab I.pdf

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran]
Preview
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep, aktivitas siswa dan keterampilan guru pada Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku SD 2 Getas Pejaten dengan menerapkan model inkuiri berbantuan LABAKU. Model inkuiri merupakan suatu model pembelajaran langsung yang didalamnya siswa melakukan aktivitas yaitu percobaan untuk menemukan solusi terhadap masalah yang diberikan guru. Pemahaman konsep adalah kemampuan seseorang untuk memahami konsep yang diperoleh melalui serangkaian kegiatan pengalaman supaya dapat menjelaskan konsep dengan bahasa sendiri yang mudah untuk dipahami tanpa mengubah suatu makna atau arti dari konsep tersebut. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah meningkatnya pemahaman konsep, aktivitas siswa dan keterampilan guru pada Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku melalui penerapan model inkuiri berbantuan LABAKU. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 2 Getas Pejaten dengan subjek penelitian 22 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model inkuiri berbantuan LABAKU, sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep, aktivitas siswa dan keterampilan guru. Teknik pengumpulan data Instrumen penelitian ini yakni wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan merupakan rata-rata kelas dan presentase ketutatasan belajar untuk data kuantitatif, sedangkan analisis data deskriptif digunakan untuk data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku melalui model inkuiri berbantuan LABAKU meningkat setiap siklusnya. Rata-rata klasikal pemahaman konsep siklus I sebesar 59,09 (perlu bimbingan) kemudian meningkat pada siklus II dengan rata-rata 81,82 (cukup). Rata-rata klasikal aktivitas siswa pada siklus I sebesar 73,60 (perlu bimbingan), kemudian pada siklus II meningkat menjadi 79,97 (cukup). Rata-rata klasikal keterampilan guru pada siklus I sebesar 70,37 (perlu bimbingan), kemudian pada siklus II meningkat menjadi 80,68 (cukup). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas IV SD 2 Getas Pejaten dapat disimpulkan bahwa model inkuiri berbantuan LABAKU pada Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku dapat meningkatkan pemahaman konsep, aktivitas siswa, dan keterampilan guru. Peneliti menyarankan agar para guru menginovasikan model pembelajaran supaya siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Mila Roysa, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Inkuiri, Pemahaman Konsep, LABAKU
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Nov 2020 07:09
Last Modified: 05 Nov 2020 07:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12897

Actions (login required)

View Item View Item