Penerapan model talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa berbantuan media puzzle kelas v tema 1 sdn 1 tigajuru jepara

UMMAH, IZZATUN KHOIRUL (2020) Penerapan model talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa berbantuan media puzzle kelas v tema 1 sdn 1 tigajuru jepara. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (361kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Accepted Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan seberapa besar peningkatan keterampilan guru, peningkatan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Talking Stick berbantuan media puzzle kelas V tema 1 SDN 1 Tigajuru Jepara tahun ajaran 2019. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah melalui proses pembelajaran yang dapat memberikan perubahan tingkah laku, pengetahuan, pemahaman, sikap, dan keterampilan siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya. Talking Stick adalah model pembelajaran sederhana yang dibantu dengan tongkat dan mengacu pada pembelajaran kelompok, siswa yang mendapat tongkat terakhir akan mendapat pertanyaan dari guru. Puzzle adalah potongan-potongan gambar kecil yang jika dijdaikan satu akan menjadi sebuah gambar utuh. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN 1 Tigajuru Jepara dengan subjek penelitian 29 siswa. Penelitian berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Talking Stick sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam pembelajaran. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh persentase rata-rata keberhasilan sebesar 82% (cukup), pada siklus II sebesar 92% (baik). Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase rata-rata keberhasilan 62% (perlu imbingan), dan meningkat pada siklus II sebesar 86% (baik). Hasil belajar siswa pada muatan IPS pada siklus I memperoleh persentase 62% (perlu bimbingan) dan meningkat pada siklus II 83% (cukup), pada muatan Bahasa Indonesia siklus I memperoleh persentase 66% (perlu Bimbingan) dan meningkat pada siklus II 86% (baik). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas V SDN 1 Tigajuru Jepara dapat disimpulkan bahwa model Talking Stick berbantuan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A. Pembimbing 2
Kata Kunci: Model Talking Stick, Hasil Belajar Siswa, Puzzle
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Jan 2021 02:21
Last Modified: 08 Jan 2021 02:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13107

Actions (login required)

View Item View Item