Sucipto, Sucipto and Masfuah, Siti and Hidayati, Richma Konseling kelompok dengan teknik stimulus control untuk meningkatkan motivasi belajar dan Kemampuan berpikir rasional siswa Mi nu banat kudus. [Experiment]
Preview |
Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf - Accepted Version Download (509kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab1)
BAB 1.pdf - Accepted Version Download (201kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab2)
BAB 2.pdf - Accepted Version Download (472kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab3)
BAB 3.pdf - Accepted Version Download (499kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab4)
BAB 4.pdf - Accepted Version Download (658kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab5)
BAB 5.pdf - Accepted Version Download (362kB) | Preview |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (409kB) | Preview |
Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Download (596kB) | Preview |
Abstrak
Pembelajaran IPA dengan konsep yang abstrak membuat siswa merasa kesulitan dan enggan dalam mempelajarinya. Kompetensi pembelajaran IPA yang harus dimiliki siswa yaitu siswa harus memahami pengetahuan faktual dan konseptual serta mengembangkan kemampuan berpikirnya. Siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir rasional dan mencapai kompetensi secara maksimal jika siswa termotivasi dalam belajar. Oleh karena itu, guru harus menyiapkan pembelajaran untuk mencapai kompetensi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknik stimulus control untuk meningkatkan motivasi belajar dan berpikir rasional siswa, dan mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap berpikir rasional siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one shot case study yang dibandingkan dengan KKM mata pelajaran IPA. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir rasional siswa dan angket untuk mengetahui motivasi belajar siswa. Kompetensi keterampilan berpikir rasional yang diteliti meliputi mengingat, membandingkan, mengelompokkan, menganalisis, mensintesis, menyimpulkan dan mengevaluasi. Kompetensi motivasi belajar dalam penelitian ini yaitu, peka terhadap situasi, cermat, mempunyai usaha untuk maju, berpendapat dengan ide orisinil, menyukai tantangan, sempurna menyelesaikan tugas, dan percaya diri. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan pada siswa kelas II MI NU Banat Kudus pada semester gasal pada tema bumi, air dan matahari dengan sub tema matahari. Analisis data dimulai dengan ujicoba soal, analisis hasil postes berpikir rasional, hasil angket motivasi, uji normalitas, uji hipotesis dan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa penerapan teknik stimulus control dapat meningkatkan berpikir rasional dengan rata-rata nilai lebih dari 80 dan dapat meningkatkan motivasi belajar dengan rata-rata nilai lebih dari 75, motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap berpikir rasional siswa dengan persamaan regresi Y = 28,06 + 0,645 X, dengan X adalah motivasi belajar dan Y adalah berpikir rasional. Setelah itu, dicari koefisien korelasi antara motivasi dengan berpikir rasional, diperoleh rxy sebesar 0,39 dengan kategori rendah dan koefisien determinasi r2 sebesar 0,298. Dengan demikian, 28% kemampuan berpikir rasional siswa dipengaruhi oleh motivasi belajarnya, sedangkan 72% dipengaruhi oleh faktor yang lain. Luaran penelitian ini berupa artikel jurnal Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan Volume 9 Nomor 2 Edisi Juni Tahun 2020.
Item Type: | Experiment |
---|---|
Kata Kunci: | Stimulus control, Motivasi belajar, Berpikir rasional |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 15 Nov 2021 01:37 |
Last Modified: | 15 Nov 2021 01:37 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15926 |
Actions (login required)
View Item |