Pengembangan e-modul berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran keterampilan menulis teks nonfiksi siswa kelas v di sdn ngepon 1 tuban

Rififah Salsabila, Khansa (2023) Pengembangan e-modul berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran keterampilan menulis teks nonfiksi siswa kelas v di sdn ngepon 1 tuban. Sarjana thesis, universitas muria kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
Text (Hal.Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (978kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis teks nonfiksi siswa kelas V di SDN Ngepon 1 Tuban yang disebabkan oleh terbatasnya ketersediaan media pembelajaran yang menarik dan inovatif untuk pembelajaran menulis teks nonfiksi. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis kebutuhan pengembangan E-Modul, mengembangkan desain, serta menuji keefektifan E-Modul berbasis kearifan lokal untuk pembelajaran keterampilan menulis teks nonfiksi. E-Modul yang dikembangkan berupa modul elektronik dalam bentuk aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone dengan materi teks nonfiksi dan kegiatan ekonomi masyarakat berdasarkan bentuk ketampakan alam. E-Moduli diintegrasikan dengan kearifan lokal di Kabupaten Tuban. Kearifan lokal merupakan segala sesuatu yang menjadi ciri khas suatu daerah. Pengintegrasian kearifan lokal pada E-Modul diharapkan dapat menunjang pembelajaran keterampilan menulis teks nonfiksi siswa kelas V di SDN Ngepon 1 Tuban. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Ngepon 1 Tuban yang berjumlah 15 siswa. Teknik uji coba produk menggunakan one group pretest and posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif (uji Wilcoxon dan uji N-Gain). Hasil penelitian dan pengembangan ialah E-Modul dengan luaran berupa aplikasi yang dapat digunakan melalui android secara offline ataupun online. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh rata-rata skor 92,67% dengan kategori sangat layak, sedangkan validasi oleh ahli media diperoleh rata-rata skor 88% dengan kategori sangat layak. Angket siswa pada uji coba terbatas diperoleh skor sebanyak 91,8% dengan kategori sangat layak. Hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Hasil uji N-Gain diperoleh peningkatan rata-rata nilai pretest ke posttest sebesar 0,6080 dengan kriteria sedang dan berada pada kategori cukup efektif. Kesimpulan pada penelitian dan pengembangan ini ialah E-Modul Terampil Menulis Teks Nonfiksi Berbasis Kearifan Lokal Tuban dinyatakan sangat layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis teks nonfiksi siswa kelas V di SDN Ngepon 1 Tuban.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Nur Fajrie,S.Pd.,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Diana Eramawati,M.Pd
Kata Kunci: E-Modul, Kearifan Lokal, Keterampilan Menulis, Teks Nonfiksi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Jul 2023 19:40
Last Modified: 26 Jul 2023 19:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18852

Actions (login required)

View Item View Item