Rififah Salsabila, Khansa (2023) Pengembangan e-modul berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran keterampilan menulis teks nonfiksi siswa kelas v di sdn ngepon 1 tuban. Sarjana thesis, universitas muria kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (978kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (334kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (506kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (420kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis teks nonfiksi siswa kelas V di SDN Ngepon 1 Tuban yang disebabkan oleh terbatasnya ketersediaan media pembelajaran yang menarik dan inovatif untuk pembelajaran menulis teks nonfiksi. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis kebutuhan pengembangan E-Modul, mengembangkan desain, serta menuji keefektifan E-Modul berbasis kearifan lokal untuk pembelajaran keterampilan menulis teks nonfiksi. E-Modul yang dikembangkan berupa modul elektronik dalam bentuk aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone dengan materi teks nonfiksi dan kegiatan ekonomi masyarakat berdasarkan bentuk ketampakan alam. E-Moduli diintegrasikan dengan kearifan lokal di Kabupaten Tuban. Kearifan lokal merupakan segala sesuatu yang menjadi ciri khas suatu daerah. Pengintegrasian kearifan lokal pada E-Modul diharapkan dapat menunjang pembelajaran keterampilan menulis teks nonfiksi siswa kelas V di SDN Ngepon 1 Tuban. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Ngepon 1 Tuban yang berjumlah 15 siswa. Teknik uji coba produk menggunakan one group pretest and posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif (uji Wilcoxon dan uji N-Gain). Hasil penelitian dan pengembangan ialah E-Modul dengan luaran berupa aplikasi yang dapat digunakan melalui android secara offline ataupun online. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh rata-rata skor 92,67% dengan kategori sangat layak, sedangkan validasi oleh ahli media diperoleh rata-rata skor 88% dengan kategori sangat layak. Angket siswa pada uji coba terbatas diperoleh skor sebanyak 91,8% dengan kategori sangat layak. Hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Hasil uji N-Gain diperoleh peningkatan rata-rata nilai pretest ke posttest sebesar 0,6080 dengan kriteria sedang dan berada pada kategori cukup efektif. Kesimpulan pada penelitian dan pengembangan ini ialah E-Modul Terampil Menulis Teks Nonfiksi Berbasis Kearifan Lokal Tuban dinyatakan sangat layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis teks nonfiksi siswa kelas V di SDN Ngepon 1 Tuban.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Nur Fajrie,S.Pd.,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Diana Eramawati,M.Pd |
Kata Kunci: | E-Modul, Kearifan Lokal, Keterampilan Menulis, Teks Nonfiksi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 19:40 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 19:40 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18852 |
Actions (login required)
View Item |