Implementasi e payment midtrans pada sistem informasi pajak bumi dan bangunan pada kantor desa mlatirejo kecamatan bulu kabupaten rembang

NURWIDIYAWATI, VINA AYU (2023) Implementasi e payment midtrans pada sistem informasi pajak bumi dan bangunan pada kantor desa mlatirejo kecamatan bulu kabupaten rembang. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (465kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (959kB) | Preview
[thumbnail of PROGRAM] Archive (PROGRAM)
e-pbb.zip - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (81MB) | Request a copy

Abstrak

RINGKASAN Pajak bumi dan bangunan (PBB) merupakan pajak yang bertabiat kebendaan karena jumlah pajak yang wajib dibayarkan bergantung pada kondisi objek yang berupa bumi dan atau bangunan. Setiap desa bertanggung jawab untuk mengelola pajak bumi dan bangunan. Pengelolaan pajak bumi dan bangunan (PBB) ini terus menerus berulang tiap tahunnya maka dari itu, pengelolannya harus dilakukan lebih efektif serta efisien. Masyarakat Mlatirejo masih menggunakan cara manual untuk melakukan pembayaran tersebut yang mana masyarakat mendatangi Kantor Desa Mlatirejo guna membayar tagihan pajak tersebut, cara ini dianggap tidak efektif karena masyarakat harus antri dan memakan waktu cukup lama. Hal-hal tersebut mendorong peneliti untuk mengangkat judul “Implementasi E-Payment Pada Sistem Informasi Pajak Bumi dan Bangunan Pada Kantor Desa Mlatirejo Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang” Sistem ini merupakan aplikasi berbasis web yang dirancang untuk memudahkan perangkat desa dan masyarakat dalam menangani transaksi serta pelayanan pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB). Dimana sistem ini mengimplementasikan pembayaran elektronik atau E-Payment. E-Payment yang digunakan yaitu Midtrans. Dalam membangun sistem ini peneliti menggunakan metode Waterfall., PHP sebagai bahasa pemrogramannya, Framework Laravel, MySQL sebagai database dan Laragon sebagai sever lokal dalam pengembangan sistem ini. Dan terdapat notifikasi WhatsApp setiap kali melakukan transaksi pembayaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1: Tri Listyorini S.Kom., M.Kom. DOSEN PEMBIMBING 2: Endang Supriyati S.Kom., M.Kom.
Kata Kunci: RINGKASAN Pajak bumi dan bangunan (PBB) merupakan pajak yang bertabiat kebendaan karena jumlah pajak yang wajib dibayarkan bergantung pada kondisi objek yang berupa bumi dan atau bangunan. Setiap desa bertanggung jawab untuk mengelola pajak bumi dan bangunan. Pengelolaan pajak bumi dan bangunan (PBB) ini terus menerus berulang tiap tahunnya maka dari itu, pengelolannya harus dilakukan lebih efektif serta efisien. Masyarakat Mlatirejo masih menggunakan cara manual untuk melakukan pembayaran tersebut yang mana masyarakat mendatangi Kantor Desa Mlatirejo guna membayar tagihan pajak tersebut, cara ini dianggap tidak efektif karena masyarakat harus antri dan memakan waktu cukup lama. Hal-hal tersebut mendorong peneliti untuk mengangkat judul “Implementasi E-Payment Pada Sistem Informasi Pajak Bumi dan Bangunan Pada Kantor Desa Mlatirejo Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang” Sistem ini merupakan aplikasi berbasis web yang dirancang untuk memudahkan perangkat desa dan masyarakat dalam menangani transaksi serta pelayanan pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB). Dimana sistem ini mengimplementasikan pembayaran elektronik atau E-Payment. E-Payment yang digunakan yaitu Midtrans. Dalam membangun sistem ini peneliti menggunakan metode Waterfall., PHP sebagai bahasa pemrogramannya, Framework Laravel, MySQL sebagai database dan Laragon sebagai sever lokal dalam pengembangan sistem ini. Dan terdapat notifikasi WhatsApp setiap kali melakukan transaksi pembayaran.
Subjects: Teknologi > T1 Teknologi (Umum) > Teknologi Informasi
Teknologi > T1 Teknologi (Umum)
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Jan 2024 20:54
Last Modified: 29 Jan 2024 20:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20004

Actions (login required)

View Item View Item