Penignkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran auditory inteectually repetition berbasis audiovisual pada pembelajaran ipas di kelas iv sekolah dasar

TIARANINGRUM, YULIS (2023) Penignkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran auditory inteectually repetition berbasis audiovisual pada pembelajaran ipas di kelas iv sekolah dasar. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (857kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya hasil belajar siswa kelas IV di SDN 04 Hadipolo. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan guru dalam menerapkan model auditory inteectually repetition berbasis audiovisual dalam meningkatkan hasil belajar, mengetahui aktivitas belajar siswa dalam meningkatkan hasil belajar Pembelajaran IPAS (Tumbuhan, Sumber kehidupan di Bumi) melalui model auditory inteectually repetition berbasis audiovisual, dan mengetahui penerapan model auditory inteectually repetition berbasis audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar Pembelajaran IPAS (Tumbuhan, Sumber kehidupan di Bumi) siswa kelas IV SDN 04 Hadipolo. Model pembelajaran auditory intellectually repetition merupakan pembelajaran yang menganggap bahwa proses pembelajaran akan efektif apabila memperhatikan auditory, intectual, dan repetition. Melalui bantuan siswa mudah memahami maksud dari gambar yang ditampilkan, sehingga dapat menguatkan minat siswa dalam belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh siswa setelah melalui kegiatan pembelajaran dalam waktu yang menetap. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang akan dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN 04 Hadipolo yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Model auditory inteectually repetition berbasis audiovisual mampu meningkatkan hasil belajar IPAS siswa dengan memperoleh 74 pada siklus I dan 81 pada siklus II. Peningkatan juga terdapat pada keaktifan siswa dalam belajar dengan ditunjukkan peningkatan rata-rata presentase 78% pada siklus I dan 81% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model auditory inteectually repetition berbasis audiovisual dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 04 Hadipolo

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Siti Masfuah, M.Pd. Dosen Pembimbing II: A. Bakhruddin, S.P.d.I., M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Auditory Inteectually Repetition, Audiovisual
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Feb 2024 18:15
Last Modified: 19 Feb 2024 18:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20290

Actions (login required)

View Item View Item