TIARANINGRUM, YULIS (2023) Penignkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran auditory inteectually repetition berbasis audiovisual pada pembelajaran ipas di kelas iv sekolah dasar. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (857kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (329kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (546kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (470kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (163kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (309kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya hasil belajar siswa kelas IV di SDN 04 Hadipolo. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan guru dalam menerapkan model auditory inteectually repetition berbasis audiovisual dalam meningkatkan hasil belajar, mengetahui aktivitas belajar siswa dalam meningkatkan hasil belajar Pembelajaran IPAS (Tumbuhan, Sumber kehidupan di Bumi) melalui model auditory inteectually repetition berbasis audiovisual, dan mengetahui penerapan model auditory inteectually repetition berbasis audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar Pembelajaran IPAS (Tumbuhan, Sumber kehidupan di Bumi) siswa kelas IV SDN 04 Hadipolo. Model pembelajaran auditory intellectually repetition merupakan pembelajaran yang menganggap bahwa proses pembelajaran akan efektif apabila memperhatikan auditory, intectual, dan repetition. Melalui bantuan siswa mudah memahami maksud dari gambar yang ditampilkan, sehingga dapat menguatkan minat siswa dalam belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh siswa setelah melalui kegiatan pembelajaran dalam waktu yang menetap. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang akan dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN 04 Hadipolo yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Model auditory inteectually repetition berbasis audiovisual mampu meningkatkan hasil belajar IPAS siswa dengan memperoleh 74 pada siklus I dan 81 pada siklus II. Peningkatan juga terdapat pada keaktifan siswa dalam belajar dengan ditunjukkan peningkatan rata-rata presentase 78% pada siklus I dan 81% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model auditory inteectually repetition berbasis audiovisual dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 04 Hadipolo
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Siti Masfuah, M.Pd. Dosen Pembimbing II: A. Bakhruddin, S.P.d.I., M.Pd. |
Kata Kunci: | Hasil Belajar, Auditory Inteectually Repetition, Audiovisual |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 18:15 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 18:15 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20290 |
Actions (login required)
View Item |