Using english podcasts to train the speaking of umk student broadcasters

NABILLA, AINAYYA (2023) Using english podcasts to train the speaking of umk student broadcasters. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 6] Text (bab 6)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Berbicara bahasa Inggris untuk mahasiswa di luar jurusan bahasa Inggris sering dianggap menantang. Beberapa dari mereka berpikir bahwa belajar berbicara bahasa Inggris tidak diperlukan untuk jurusan mereka, padahal berbicara bahasa Inggris saat ini sangat penting untuk semua jurusan. Klip rekaman suara (atau video) yang dibuat dan kemudian dibagikan kepada orang lain dengan diposting ke situs web online dikenal sebagai podcast. Podcast adalah salah satu media yang banyak orang suka tonton. Namun faktanya, sebagian besar podcaster masih menggunakan bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah podcast berbahasa Inggris dapat melatih atau tidak keterampilan berbicara para podcaster. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif yang merupakan penelitian eksperimen. Dibutuhkan 10 podcaster dari berbagai jurusan di UMK. Peneliti menggunakan t-test untuk instrumen. Butuh enam kali pertemuan. Sekali pre-test, empat kali pertemuan untuk treatment, dan post-test. Berdasarkan analisis data, penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berbicara penyiar dapat dilatih dengan menggunakan podcast berbahasa Inggris. Nilai rata-rata adalah 6,1 dan SD adalah 0,69. Setelah diberikan perlakuan rata-rata 10,2 dan SD 0,51. Peneliti membandingkan pada tingkat signifikansi (α) sebesar 0,05, derajat kebebasan (df) sebesar 9 dan t (critical).) adalah 2,262. Hasil t (obtained) adalah 9,53, artinya t (obtained) jatuh pada daerah critical. Itu berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan berbicara penyiar mahasiswa UMK sebelum dan sesudah dilatih dengan menggunakan podcast berbahasa Inggris. Para penyiar mahasiswa UMK harus aktif melatih keterampilan berbicara mereka untuk meningkatkan diri dan mengembangkan program podcast mereka. Peneliti berharap peneliti selanjutnya dapat melanjutkan penelitian ini dengan menggunakan populasi penyiar atau podcaster yang lebih besar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Drs. Fitri Budi Suryani, S. S, M. Pd., Dosen Pembimbing 2: Rusiana, S. Pd, M. Pd.,
Kata Kunci: Berbicara, Podcast Bahasa Inggris, Mahasiswa Penyiar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Feb 2024 22:31
Last Modified: 21 Feb 2024 22:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20335

Actions (login required)

View Item View Item