NABILLA, AINAYYA (2023) Using english podcasts to train the speaking of umk student broadcasters. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (halaman judul)
Hal Judul.pdf - Published Version Download (413kB) | Preview |
Preview |
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (104kB) | Preview |
Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (130kB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
|
Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (104kB) | Request a copy |
|
Text (bab 6)
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (87kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (163kB) | Preview |
Text (lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Berbicara bahasa Inggris untuk mahasiswa di luar jurusan bahasa Inggris sering dianggap menantang. Beberapa dari mereka berpikir bahwa belajar berbicara bahasa Inggris tidak diperlukan untuk jurusan mereka, padahal berbicara bahasa Inggris saat ini sangat penting untuk semua jurusan. Klip rekaman suara (atau video) yang dibuat dan kemudian dibagikan kepada orang lain dengan diposting ke situs web online dikenal sebagai podcast. Podcast adalah salah satu media yang banyak orang suka tonton. Namun faktanya, sebagian besar podcaster masih menggunakan bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah podcast berbahasa Inggris dapat melatih atau tidak keterampilan berbicara para podcaster. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif yang merupakan penelitian eksperimen. Dibutuhkan 10 podcaster dari berbagai jurusan di UMK. Peneliti menggunakan t-test untuk instrumen. Butuh enam kali pertemuan. Sekali pre-test, empat kali pertemuan untuk treatment, dan post-test. Berdasarkan analisis data, penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berbicara penyiar dapat dilatih dengan menggunakan podcast berbahasa Inggris. Nilai rata-rata adalah 6,1 dan SD adalah 0,69. Setelah diberikan perlakuan rata-rata 10,2 dan SD 0,51. Peneliti membandingkan pada tingkat signifikansi (α) sebesar 0,05, derajat kebebasan (df) sebesar 9 dan t (critical).) adalah 2,262. Hasil t (obtained) adalah 9,53, artinya t (obtained) jatuh pada daerah critical. Itu berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan berbicara penyiar mahasiswa UMK sebelum dan sesudah dilatih dengan menggunakan podcast berbahasa Inggris. Para penyiar mahasiswa UMK harus aktif melatih keterampilan berbicara mereka untuk meningkatkan diri dan mengembangkan program podcast mereka. Peneliti berharap peneliti selanjutnya dapat melanjutkan penelitian ini dengan menggunakan populasi penyiar atau podcaster yang lebih besar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1: Drs. Fitri Budi Suryani, S. S, M. Pd., Dosen Pembimbing 2: Rusiana, S. Pd, M. Pd., |
Kata Kunci: | Berbicara, Podcast Bahasa Inggris, Mahasiswa Penyiar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 22:31 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 22:31 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20335 |
Actions (login required)
View Item |