Gaya belajar siswa kelas v sdn sinomwidodo 03 di tinjau dalam memanfaatkan sumber belajar buku siswa tema 8

WAHYUNI, ILMA TRI (2023) Gaya belajar siswa kelas v sdn sinomwidodo 03 di tinjau dalam memanfaatkan sumber belajar buku siswa tema 8. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Sampul-Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya belajar yang dimiliki oleh siswa kelas V, faktor yang mempengaruhi gaya belajar siswa kelas V SDN SDN Sinomwidodo 03, dan mendeskripsikan proses gaya belajar siswa dalam memanfaatkan sumber belajar berupa buku tema 8. Gaya belajar adalah merupakan metode yang digunakan dalam menyerap informasi atau materi berdasarkan pendekatan preferensi sensorinya masing-masing. Dalam belajar tentunya siswa memerlukan sumber untuk belajar. Sumber belajar sendiri merupakan alat bantu yang bermanfaat dan sangat membantu siswa dalam mempelajari berbagai hal dalam upaya mencapai tujuan. Sumber belajar yang laing dekat dengan siswa yakni buku tematik kurikulum 2013 yang bisa dimanfaatkan agar membantu peserta didik untuk dapat mencapai sesuatu yang sudah direncanakan. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomologi. Penelitian ini akan di laksanakan di SDN Sinomwidodo 01, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati, dengan mengambil subjek siswa dan guru kelas V sebagai subjek penelitian. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data yang meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi, dan pencatatan, serta menggunakan analisis data trianggulasi model Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam memanfaatkan buku Tematik sebagai sumber belajar siswa melakukannya dengan gaya belajar visual dan auditori. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi gaya belajar yang digunakan siswa dalam memanfaatkan buku tematik sebagai sumber belajar antara lain faktor fisik, faktor emosional, faktor psikologis, faktor intelegensi, faktor lingkungan keluarga, dan faktor lingkungan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan buku Tematik setiap siswa berbeda-beda tergantung gaya belajar yang dimiliki. Oleh sebab itu perlunya mengidentifikasi gaya belajar yang dimiliki siswa agar dapat belajar sesuai dengan karakteristik yang dimiliki.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Gaya belajar, Sumber Belajar, Buku Tematik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Feb 2024 19:51
Last Modified: 23 Feb 2024 19:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20388

Actions (login required)

View Item View Item