WAHYUNI, ILMA TRI (2023) Gaya belajar siswa kelas v sdn sinomwidodo 03 di tinjau dalam memanfaatkan sumber belajar buku siswa tema 8. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Sampul-Daftar Lampiran.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (477kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (570kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (415kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya belajar yang dimiliki oleh siswa kelas V, faktor yang mempengaruhi gaya belajar siswa kelas V SDN SDN Sinomwidodo 03, dan mendeskripsikan proses gaya belajar siswa dalam memanfaatkan sumber belajar berupa buku tema 8. Gaya belajar adalah merupakan metode yang digunakan dalam menyerap informasi atau materi berdasarkan pendekatan preferensi sensorinya masing-masing. Dalam belajar tentunya siswa memerlukan sumber untuk belajar. Sumber belajar sendiri merupakan alat bantu yang bermanfaat dan sangat membantu siswa dalam mempelajari berbagai hal dalam upaya mencapai tujuan. Sumber belajar yang laing dekat dengan siswa yakni buku tematik kurikulum 2013 yang bisa dimanfaatkan agar membantu peserta didik untuk dapat mencapai sesuatu yang sudah direncanakan. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomologi. Penelitian ini akan di laksanakan di SDN Sinomwidodo 01, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati, dengan mengambil subjek siswa dan guru kelas V sebagai subjek penelitian. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data yang meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi, dan pencatatan, serta menggunakan analisis data trianggulasi model Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam memanfaatkan buku Tematik sebagai sumber belajar siswa melakukannya dengan gaya belajar visual dan auditori. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi gaya belajar yang digunakan siswa dalam memanfaatkan buku tematik sebagai sumber belajar antara lain faktor fisik, faktor emosional, faktor psikologis, faktor intelegensi, faktor lingkungan keluarga, dan faktor lingkungan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan buku Tematik setiap siswa berbeda-beda tergantung gaya belajar yang dimiliki. Oleh sebab itu perlunya mengidentifikasi gaya belajar yang dimiliki siswa agar dapat belajar sesuai dengan karakteristik yang dimiliki.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Gaya belajar, Sumber Belajar, Buku Tematik |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 19:51 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 19:51 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20388 |
Actions (login required)
View Item |