The use of instagram to teach students’ writing descriptive texts of eleventh grade of smk walisongo pecangaan in academic year 2022/2023

CHAIRUDIYN, FAROUQ (2023) The use of instagram to teach students’ writing descriptive texts of eleventh grade of smk walisongo pecangaan in academic year 2022/2023. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Berdasarkan observasi dan pengalaman saat PLP, peneliti menemukan bahwa guru tidak mampu mengelola kelas dan siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran bahasa inggris. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh guru dan siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Instagram sebagai media pembelajaran pada siswa kelas XI SMK Walisongo Pecangaan Jepara dalam Writing Descriptive Text. Desain penelitian ini adalah eksperimen semu. Subyek penelitian ini dilakukan dikelas XI Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL), Tiga puluh siswa dipilih sebagai sampel penelitian ini. Instrumen penelitian ini adalah Written Test, Pre-Test dan Post-Test. Data dikumpulkan melalui tes, yaitu pre-test, treatment dan post-test. Pre-test dilakukan sebelum treatment yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan dasar menulis siswa dalam menulis teks deskriptif. Treatment dilakukan selama empat kali pertemuan. Post test dilakukan setelah treatment. Post-test bertujuan untuk mengetahui pengaruh instagram terhadap kemampuan menulis teks deskriptif siswa. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan uji normalitas untuk mengetahui bahwa data berdistribusi normal, uji homogenitas untuk mengetahui bahwa sampel memiliki varian yang homogen dan independent sample t-test untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata siswa di kelas, 58,36 untuk pre-test dan 69,80 untuk post-test. Berdasarkan perhitungan uji-t pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa nilai observasi lebih besar dari t-tabel (25,05 > 10). Artinya, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Descriptive Text dengan menggunakan Instagram sebagai media adalah efektif dan memberikan hasil yang positif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1 : Drs. Muh Syafei, M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Dr. Slamet Utomo, M,Pd.
Kata Kunci: Writing, Descriptive Text, Instagram,
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Feb 2024 23:40
Last Modified: 29 Feb 2024 01:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20452

Actions (login required)

View Item View Item