Penerapan model pembelajaran mind mapping Be rb a nt ua n me di a pop- up book te rh ad a p pemahaman konsep siswa pada pembelajaran ipas kelas v sd 2 demaan

UTAMI, RETNO (2024) Penerapan model pembelajaran mind mapping Be rb a nt ua n me di a pop- up book te rh ad a p pemahaman konsep siswa pada pembelajaran ipas kelas v sd 2 demaan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (682kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of SURAT PERNYATAAN] Text (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran yang monoton dan konvensional menyebabkan rendahnya pemahaman konsep siswa. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemukan di SD 2 Demaan dari 31 siswa kelas V yang dikatakan tuntas hanya 14 siswa sedangkan yang tidak tuntas 17 siswa, jadi berdasarkan persentase ketuntasan mata pelajaran IPAS di kelas V hanya 45% dan tidak tuntas 54%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya peningkatan pemahaman konsep siswa menggunakan model pembelajaran mind mapping berbantuan media pop-up book. Model mind mapping merupakan bagian dari Active learning yaitu suatu model pembelajaran yang mengajak siswa untuk belajar secara aktif menggunakan otak. Baik untuk menemukan ide pokok dari materi, memecahakan masalah atau mengkorelasikan apa yang mereka pelajari ke dalam masalah dikehidupan mereka. Pop up book merupakan sebuah buku yang mengandung unsur tiga dimensi. Ketika halam buku tersebut dibuka, bagian dalamnya dapat menghasilkan gerakan serta memberikan visualisasi yang lebih menarik untuk meningkatkan pemahaman anak terkait materi. Pemahaamn konsep adalah penguasaan sejumlah materi pembelajaran, dimana siswa tidak sekedar mengenal dan mengetahui, tetapi mampu mengungkapkan kembali konsep dalam bentuk yang lebih mudah dimengerti serta mampu mengaplikasikannya kembali. Penelitian kuantitaif eksperimen ini dilakukan di kelas V SD 2 Demaan dengan subjek penelitian 31 siswa dalam satu kelas yang berlangsung selama 4 pertemuan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep siwsa sedangkan variabel bebasnya adalah model Mind Mapping. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yamg digunakan yaitu analisis data kuantitatif uji t berpasangan (paired sampel test) dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran mind mapping berbantuan media pop-up book terhadap pemahaman konsep siswa, dan (2) kemampuan pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan sebesar 77,45 dengan kategori tinggi dan meningkat secara signifikan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran mind mapping berbantuan media pop-up book terhadap pemahaman konsep siswa kelas V SD 2 Demaan. Saran dalam penelitian ini agar pengembangan media pembelajaran yang lebih kreatif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1:Diana Ermawati M.Pd. DOSEN PEMBIMBING 2:Sekar Dwi Ardianti, M.Pd.
Kata Kunci: Mind Mapping, Pop-UP Book, Pemahaman Konsep
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Aug 2024 00:29
Last Modified: 05 Aug 2024 00:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/21819

Actions (login required)

View Item View Item