FATIMAH, IDA SYAFITRI NUR (2024) Sistem informasi monitoring pengaduan masyarakat desa pedawang melalui aplikasi android. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Dalam mengelola pengaduan masyarakat, Desa Pedawang masih menerapkan proses yang mengikuti prosedural dengan cara masyarakat harus mendatangi kantor balai desa untuk melaporkan aduannya melalui petugas pelayanan. Cara tersebut kurang efektif karena membutuhkan banyak waktu dan terdapat risiko kehilangan data karena petugas tidak membuat laporan dan mengarsipkan dokumen terkait pengaduan dan penanganan pengaduan yang telah selesai sehingga tidak ada backup lain untuk data tersebut. Selain itu, pemerintah desa menyediakan website yang hanya bisa menerima aduan melalui form input tanpa memberikan keterbukaan informasi pelayanan pengaduan kepada publik. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah merancang dan membangun sistem informasi monitoring pengaduan masyarakat Desa Pedawang berbasis aplikasi android sehingga pengaduan dapat langsung diproses oleh pemerintah desa tanpa masyarakat datang ke kantor balai desa terlebih dahulu. Metode pengembangan sistem yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan Waterfall dan metode perancangan sistemnya menggunakan UML (Unified Modeling Language). Penerapan teknologi atau sistem informasi dalam layanan pengaduan masyarakat di lingkup pemerintahan desa dapat memudahkan layanan publik sehingga meningkatkan kepuasan masyarakat.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing: 1. R. Rhoedy Setiawan, S.Kom, M.Kom Dosen Pembimbing: 2. Nanik Susanti, S.Kom, M.Kom |
Kata Kunci: | Sistem Informasi, Pengaduan Masyarakat, Aplikasi Android |
Subjects: | Ilmu Murni > Matematika Ilmu Murni > Matematika > Perangkat lunak (software) komputer |
Program Studi: | Fakultas Teknik > S1 Sistem Informasi |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 12 Mar 2025 03:42 |
Last Modified: | 12 Mar 2025 03:42 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/23024 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
