Penerapan metode customer relationship management pada sistem penjualan toko mugi rahayu untuk peningkatan kualitas pelayanan

NURUL QOIRIYAH, EKA (2025) Penerapan metode customer relationship management pada sistem penjualan toko mugi rahayu untuk peningkatan kualitas pelayanan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab 4 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab 5 TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka TA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran TA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Toko Mugi Rahayu merupakan toko yang menawarkan berbagai macam produk kebutuhan rumah tangga seperti bahan pokok, elektronik, pakaian, mainan hingga alat tulis. Operasional disana masih menggunakan cara konvensional seperti pada proses pengelolaan data transaksi dan stok barang yang ditulis pada buku penjualan. Akibatnya, sering terjadi kesalahan pada penghitungan jumlah transaksi dan juga pengelolaan stok barang. Proses jual beli disana juga harus datang langsung ke toko sehingga pelanggan harus meluangkan waktunya untuk mengantri. Jika masalah tersebut dibiarkan terus menerus, toko akan mengalami kerugian yang signifikan. Pelanggan akan beralih pada pesaing lainnya yang memberikan pelayanan baik dan stok barang lengkap. Untuk mengatasi permasalahan ini, dibutuhkan sistem penjualan dengan metode Customer Relationship Management (CRM) berbasis web untuk memahami kebutuhan pelanggan. Fasilitas member juga akan tersedia untuk memanjakan pelanggan dengan diskon dan promo sesuai dengan tingkatan membernya. Selain itu, fitur notifikasi whatsapp juga akan digunakan untuk memberikan informasi terkait diskon dan promo yang tersedia. Dengan adanya sistem ini, diharapkan dapat meningkatkan loyalitas, efisiensi operasional dan mengevaluasi kualitas pelayanan untuk kepuasan pelanggan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen pembimbing: 1.Dr. Eko Darmanto, S. Kom., M. Cs. Dosen Pembimbing: 2.Supriyono, S. Kom., M. Kom
Kata Kunci: Sistem Informasi Manajemen, Penjualan, Customer Relationship Management, Member
Subjects: Ilmu Murni > Matematika
Ilmu Murni > Matematika > Perangkat lunak (software) komputer
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Aug 2025 01:55
Last Modified: 06 Aug 2025 01:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/24911

Actions (login required)

View Item View Item