Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui penerapan model teams games tournament (tgt) berbantuan media laci kartu soal pada siswa kelas iv sd 6 jekulo

HARJA, SILVIA IBNI (2019) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui penerapan model teams games tournament (tgt) berbantuan media laci kartu soal pada siswa kelas iv sd 6 jekulo. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (818kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak]
Preview
PDF (Abstrak)
ABSTRACT.pdf - Accepted Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (24MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya inovasi dalam penggunaan model dan media pembelajaran matematika menjadikan proses pembelajaran yang membosankan. Sehingga siswa kurang tertarik dengan pembelajaran matematika yang kemudian menyebabkan rendahnya tingkat kemampuan pemecahan masalah. hal ini ditunjukan dengan hasil prasiklus di kelas IV SD 6 Jekulo. Tujuan penelitian ini mendiskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru dalam proses pembelajaran menggunakan Model TGT berbantuanmedia Laci Kartu Soal materi Keliling dan Luas Bangun Datar siswa kelas IV. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di SD 6 Jekulo dengan subjek penelitian 35 siswa. Penelitian dilakukan melalui 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan.Setiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model Teams Games Tournament (TGT)berbantuan laci kartu soal, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah matematis, aktivitas belajar siswa dan keterampilan mengajar guru.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan pada siklus I kemampuan pemecahan masalah belum mampu mencapai indikator keberhasilan dengan persentase ketuntasan sebesar 54,29%, kemudian meningkat pada siklus II dengan persentase ketuntasan sebesar 77,14% sehingga mampu mencapai indikator keberhasilan. Pada siklus I aktivitas siswa masih perlu bimbingan dengan nilai 60,5 kemudian meningkat pada siklus II dengan nilai 84 predikat cukup. Keterampilan guru mendapatkan predikat baik pada siklus I dengan pencapaian keberhasilan mencapai 81,43% dan meningkat menjadi sangat baik pada siklus II dengan pencapaian keberhasilan 87,85%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan penerapan model TGT berbantuan media laci kartu soal dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru. Sehingga dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah guru dapat menggunakan model pembelajarn Teams Games Tournament. Namun dalam penerapan model TGT guru hendaknya mampu memperhatikan alokasi waktudengan baik dan mengkondisikan siswa saat permainan agar suasana kelas lebih kondusif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Henry Suryo Bintoro., S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 Himmatul Ulya, M.Pd
Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Teams Games Tournamet, Laci Kartu Soal.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 11 Sep 2020 01:40
Last Modified: 11 Sep 2020 01:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12614

Actions (login required)

View Item View Item