KHOIRIYAH, UMROTUL (2019) Penerapan model pembelajaran course review horay berbantuan media paris untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas iv. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (420kB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (220kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (505kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (531kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (851kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (118kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (208kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstrak
Guru terbiasa menggunakan model pembelajaran yang konvensional dan jarang menggunakan media pada pembelajaran matematika, sehingga tidak menarik perhatian siswa. Selain itu siswa masih kesulitan dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, keterampilan mengajar guru serta aktivitas belajar siswa menggunakan model Course Review Horay berbantuan Media PARIS. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 3 Soco dengan subjek penelitian 11 siswa dan peneliti yang berlangsung selama 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil tes evaluasi siklus I menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa mencapai presentase ketuntasan klasikal 54,54% dengan kriteria kurang. Sedangkan hasil tes evaluasi siklus II menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yaitu meningkat dengan presentase ketuntasan klasikal 81,81% dengan predikat baik. Pada keterampilan mengajar guru persentase dari siklus I yaitu 73,43% dengan kriteria baik . Sedangkan pada Siklus II meningkat dengan memperoleh persentase 83,9% dengan kriteria baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 64,25 dengan predikat cukup. Sedangkan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata75,3 dengan predikat baik. Jadi penerapan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media PARIS dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, keterampilan mengajar guru serta aktivitas belajar siswa.Guru diharapkan dapat menerapkan model pembelajaran CRH berbantuan media PARIS sebagai alternative dalam melaksanakan pembelajaran, sehingga dapat meminimalisir ketakutan siswa terhadap pembelajaran matematika.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Ratri Rahayu., M.Pd. |
Kata Kunci: | CRH, Media PARIS, Pemecahan Masalah Matematis. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 16 Sep 2020 02:24 |
Last Modified: | 16 Sep 2020 02:24 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12645 |
Actions (login required)
View Item |