Teachers’ strategies in teaching reading via online class of smp 2 kaliwungu kudus

Salismaroh, Vina (2020) Teachers’ strategies in teaching reading via online class of smp 2 kaliwungu kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Depan]
Preview
Text (Hal. Depan)
01. HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
02. BAB I.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
03. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (732kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
04. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4]
Preview
Text (Bab 4)
05. BAB IV.pdf - Published Version

Download (540kB) | Preview
[thumbnail of 06. BAB V.pdf]
Preview
Text
06. BAB V.pdf - Published Version

Download (521kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
09. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Membaca merupakan hal penting untuk pelajar bahasa Inggris, karena membaca dapat meningkatkan pengetahuan mereka, kosakata, dan informasi. dari proses membaca, pelajar bahasa Inggris juga mempelajari tentang bahasa asing, kebiasaan orang, dan kebudayaan. ketika pelajar ingin mempelajari sebuah bahasa, mereka harus mempelajari tentang kebiasaan dan target budaya bahasa terlebih dahulu, untuk membuatnya mudah dalam mempelajari bahasa asing. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi guru pada strategi yang efektif dalam mengajar membaca melalui kelas online di SMP 2 Kaliwungu Kudus. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif studi kasus. Metode itu untuk mendeskripsikan persepsi guru pada strategi yang efektif dalam mengajar membaca melalui kelas online di SMP 2 Kaliwungu Kudus. Peneliti mengumpulkan data melalui angket dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan strategi guru dalam mengajar membaca melalui kelas online adalah; aspek strategi dalam mengajar membaca yaitu guru menggunakan media seperti gambar dan video, guru juga menggunakan strategi skimming atau scanning, dan untuk mengajar selama pandemi COVID-19 guru menggunakan aplikasi WhatsApp atau google classroom sebagai strategi untuk mengajar melalui kelas online. Proses mengajar membaca meliputi pre-teaching, whilst-teaching and post-teaching. Aspek pre-teaching, sebelum membaca sebuah teks, kebanyakan guru memilih memberikan beberapa petunjuk atau menjelaskan tujuan dan memberikan pertanyaan untuk membimbing pemahaman siswa sebelum pengajaran membaca. Selanjutnya adalah whilst-teaching, aspek whilst-teaching skor tertinggi adalah guru meminta siswa untuk mengidentifikasi stuktur umum dan fitur bahasa setelah membaca sebuah teks dan guru juga meminta siswa untuk menemukan topik dan ide utama. Terakhir adalah post-teaching, dalam aspek ini guru memberikan sebuah tugas, dan setelah itu guru sungguh memeriksa tugas siswa setelah mereka mengerjakan tugas dari guru. Peneliti begitu berharap agar penelitian ini dapat berguna untuk guru bahasa inggris, sebagai referensi untuk memberikan strategi yang ideal dalam mengajar membaca, sehingga siswa mendapatkan manfaat dari mempelajari bahasa Inggris.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Nuraeningsih, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing (2) Aisyah Ririn Perwikasih Utari, S.S., M.Pd.
Kata Kunci: Strategi Guru, Membaca
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Apr 2021 19:38
Last Modified: 28 Apr 2021 19:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13842

Actions (login required)

View Item View Item