Peningkatan kemampuanberpikir kritis siswa melaluimodel circuit learning berbantuanpapel interaksi pada tema lingkungan sahabat kitakelas v Sdn03pancur berbasis lesson study

PRIYANGGA, BRIAN (2020) Peningkatan kemampuanberpikir kritis siswa melaluimodel circuit learning berbantuanpapel interaksi pada tema lingkungan sahabat kitakelas v Sdn03pancur berbasis lesson study. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (784kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatannkemampuan berpikirnkritis siswa, keterampilan guru, dan aktivitasnsiswa menggunakan model circuit learning berbasis lesson study di kelas V SDN 03 Pancur. Model circuitalearning adalah model yang memaksimalkan pemberdayaan pikiran dan perasaan dengan pola penambahan dan pengulangan untuk mendapatkan hasil maksimal. Lesson study adalah model pengembangan profesional guru melalui pengajaran dan pembelajaran yang bekerja sama dengan sistem yang berkelanjutan dan siklus berdasarkan pada prinsip-prinsip kolegialitas dan salingbelajar untuk membangun komunitas belajar. Kemampuan berpikir kritis adalah kegiatan yang dilakukan melalui pemikiran yang bertujuanauntuk membuat keputusan tentang apa yang diyakini. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapanamodel circuit learningberbantuan media papel interaksi berbasis lesson studydapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, keterampilan guru, dan aktivitas siswa pada temaalingkungan sahabat kita pada kelas V SDN 03 Pancur. Metodeapenelitian yangadigunakan adalah penelitian tindakanakelas dengan subjekapenelitian 20 siswa yang terdiri dari dua siklus,setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaituaperencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Variabel terikat dalam penelitianaini adalah kemampuan berpikir kritis siswa sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini adalah model circuit learning, papel interaksi danlesson study.Teknik pengumpulanadata yang digunakan dalam penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis, lembar observasi keterampilan guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Analisis data dalam penelitian menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, keterampilan guru dan aktivitas siswa. Kemampuanaberpikir kritis siswa siklus Iamemperoleh nilai 69, padaasiklus II 84. Keterampilan guru siklus I mencapai 73%, pada siklus II 90%. Aktivitasasiswa siklus Iamemperoleh nilai 69, pada siklus II 84. Atas dasar hasilapenelitian tindakanakelas yang dilakukan di kelas V SDN 03 Pancur, dapat disimpulkanabahwa dengan menggunakan model circuit learning berbantuan papel interaksi berbasis lesson study dapatameningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, keterampilan guru dan aktivitas siswa pada temaalingkungan sahabat kit akelas V SDN 03 Pancur.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. Pembimbing 2 Deka Setiawan, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Circuit Learning, Lesson Study, Berpikir Kritis.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Apr 2021 19:47
Last Modified: 28 Apr 2021 19:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13843

Actions (login required)

View Item View Item