Analisis Struktur, Fungsi, Dan Nilai Karakter Cerita Rakyat Nawangsih Di Kudus Untuk Pendidikan Anak Sekolah Dasar

HIDAYATULLAH, ANISATUN (2020) Analisis Struktur, Fungsi, Dan Nilai Karakter Cerita Rakyat Nawangsih Di Kudus Untuk Pendidikan Anak Sekolah Dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis struktur, fungsi cerita rakyat Nawangsih di Kabupaten Kudus serta menganalisis dan menggali nilai karakter yang terkandung dalam cerita rakyat Nawangsih untuk pendidikan anak sekolah dasar. Analisis struktur ialah menganalisis dalam keterpaduan struktur yang total keseluruhan makna yang unik, yang terkandung dalam karya sastra yang bersama–sama menghasilkan makna yang menyeluruh. Teori analisis struktur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori struktur naratif Vladimir Proop dengan 31 fungsi cerita rakyat. Adapun fungsinya mencakupi (1) sarana pendidikan, (2) sarana untuk mengesahkan pranata-pranata sosial yang bersifat kolektif yang harus ditaati oleh anggota masyarakat, (3) sarana untuk membangun karakter suatu masyarakat, (4) sarana untuk pengenalan dan pemahaman terhadap nilai-nilai budaya suatu masyarakat, dan (5) sebagai modal sosial untuk berinteraksi dan berkomunikasi antaranggota atau komunitas suatu masyarakat. Kandungan nilai karakter didasarkan pada Penguatan Pendidikan Karakter menggunakan 5 indikator utama nilai karakter yakni religius, nasionalisme, mandiri, gotong royong, dan integritas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di Desa Kandangmas Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Objek yang diteliti adalah cerita rakyat Nawangsih. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara mendalam, pemotretan, pencatatan, dan transkripsi. Analisis data yang dipakai ialah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa cerita rakyat Nawangsih memiliki 13 jenis struktur naratif, yaitu II (larangan) –III (pelanggaran) –VIII (kejahatan) –IX (peristiwa) –XI (keberangkatan) –XII (pemberi) –XIV (penerimaan alat sakti) –XV (perpindahan tempat) –XVI (pertarungan) –XX (kepulangan) –XXV (tugas berat) –XXVI (penyelesaian) –XXVII (pahlawan). Adapun fungsi cerita rakyat Nawangsih yaitu (1) sarana pendidikan, (2) sarana untuk mengesahkan pranata-pranata sosial yang bersifat kolektif yang harus ditaati oleh anggota masyarakat, (3) sarana untuk membangun karakter suatu masyarakat, (4) sarana untuk pengenalan dan pemahaman terhadap nilai-nilai budaya suatu masyarakat, dan (5) sebagai modal sosial untuk berinteraksi dan berkomunikasi antaranggota atau komunitas suatu masyarakat. Kemudian, nilai karakter yang terkandung dalam cerita rakyat Nawangsih ini yaitu religius, nasionalisme, mandiri, gotong royong, dan integritas. Peneliti menyimpulkan cerita rakyat Nawangsih memiliki 13 jenis struktur naratif. Tidak semua cerita rakyat harus memiliki 31 struktur naratif, semua tergantung pada karakteristik cerita rakyat itu sendiri. Cerita rakyat Nawangsih memiliki 5 fungsi sehingga bisa bermanfaat bagi kehidupan anak sekolah dasar. Adapun cerita rakyat Nawangsih memiliki 5 nilai karakter, sehingga bisa berkontribusi banyak dalam pembentukan pribadi dan karakter anak sekolah dasar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr.Su’ad, M.Pd., Pembimbing 2 Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd.
Kata Kunci: struktur, fungsi, nilai karakter, cerita Nawangsih, pendidikan anak sekolah dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan
Pendidikan > Buku-buku acuan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Apr 2021 21:10
Last Modified: 28 Apr 2021 21:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13859

Actions (login required)

View Item View Item