ANASTASYA, VISCA ELYA (2020) Peningkatan berpikir kreatif menggunakan model circ berbantuan ludo pada tema 6 subtema 1 muatan bahasa indonesia dan ips kelas v sd negeri jakenan. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version Download (968kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Accepted Version Download (405kB) | Preview |
![]() |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (539kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (582kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (264kB) | Request a copy |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (396kB) | Preview |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (38MB) | Request a copy |
Abstrak
Kurangnya penggunaan media serta kurang efektif dalam penggunaan model pembelajaran mengakibatkan siswa mudah bosan dalam mengikuti pembelajaaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dan peningkatan berpikir kreatif siswa menggunakan model CIRC berbantuan Ludo pada tema 6 subtema 1 dalam muatan matapelajaran Bahasa Indonesia dan IPS. CIRC merupakan model pembelajaran kooperatif yang mengintegrasikan suatu bacaan secara menyeluruh kemudian mengomposisikan menjadi bagian bagian yang penting untuk melatih berpikir kreatif siswa. Ludo adalah permainan yang menyerupai ular tangga yang di desain dengan gambar-gambar yang berkaitan dengan materi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri Jakenan dengan subjek penelitian 24 siswa dan guru yang berlangsung selama 2 siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. setiap siklus dari penelitian tindakan kelas ini memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Keterampilan guru mengalami peningkatan pada siklus I dengan skor rata-rata 77,5 % lalu naik pada siklus II dengn skor rata-rata 86%. Aktivitas siswa dalam bermain ludo siklus I memperoleh skor rata-rata sebesar 74% dan siklus II memperoleh skor rata-rata 82%. Aspek berpikir kreatif pada muatan Bahasa Indonesia siklus I memperoleh skor rata-rata 76,79 dan skor IPS memperoleh skor 79, 37, sedangkan pada siklus II nilai muatan Bahasa Indonesia rata-rata 80 dan skor IPS mencapai 86,37. Berdasarkan hasil penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model CIRC berbantuan Ludo dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa kelas V SD Negeri Jakenan hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan di setiap siklusnya. Peneliti memberikan saran agar model CIRC dapat digunakan dalam pembelajaran dan dikembangkan dengan media yang sesuai dengan materi sehingga siswa dapat dengan mudah mencerna materi pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Ristiyani, S.Pd., M.P.d. Pembimbing 2 Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Berpikir Kreatif, CIRC, Ludo. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 28 Apr 2021 22:17 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 22:17 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13864 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |