FERDIANA, DIAN (2020) Pengembangan bahan ajar berbasis problem based learning untuk peningkatan hasil belajar subtema bumi, matahari dan bulan di sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Depan)
Hal Judul.pdf - Accepted Version Download (573kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (188kB) | Preview |
![]() |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (607kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (546kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (278kB) | Preview |
Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Download (2MB) | Preview |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar yang dikembangkan, mendeskripsikan desain karakteristik bahan ajar yang dikembangkan, mengembangkan bahan ajar yang valid, efektif berbasis Problem Based Learning serta menemukan hasil belajar siswa pada subtema bumi, matahari dan bulan, khususnya pada kelas VI SD Negeri Sukoharjo 01. Produk yang dihasilkan berupa bahan ajar yang mendukung proses belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan 10 langkah. Validasi dilakukan oleh dua ahli materi dan diperlukan hasil uji efektivitas yang dilakukan pada 50 siswa kelas 6. Pengumpulan data menggunakan angket kebutuhan, lembar validasi ahli, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif serta analisis perolehan uji t untuk menemukan efektivitas bahan ajar yang dikembangkan. Bahan ajar berbasis Problem Based Learning untuk peningkatan hasil belajar subtema bumi, matahari, dan bulan di sekolah dasar diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa berupa aspek afektif, kognitif dan psikomotorik. Hasil Analisis kebutuhan menurut persepsi siswa dan guru, meliputi : isi buku (88,5%), kebahasaan (92,75%), penyajian (96,25%), kegrafikan (94,4%). Bahan ajar berkategori layak dan valid dengan rata-rata kevalidan buku pendamping masing-masing 3,78. Peningkatan hasil belajar siswa kelas VI SD setelah menggunakan bahan ajar berbasis Problem Based Learning menunjukkan n-gain sebesar 0,49 termasuk kriteria sedang dari aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Hasil Uji t menunjukkan 12,836>0,05 dinyatakan diterima dan ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis Problem Based Learning layak digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selanjutnya saran, guru diminta mengikuti pelatihan agar memahami dan menguasai model dan media pembelajaran terkini yang mendukung proses belajar mengajar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Dr. Murtono, M.Pd., Pembimbing 2 Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd. |
Kata Kunci: | bahan ajar, Problem Based Leraning, hasil belajar. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 07 May 2021 20:15 |
Last Modified: | 07 May 2021 20:15 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/13997 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |