Penerapan model problem based learning berbantuan media modul jayaku untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas iv

LITA, NANDIA NURUL (2020) Penerapan model problem based learning berbantuan media modul jayaku untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas iv. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (655kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (353kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (429kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Hasil tes prasiklus menunjukkan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah 20,63 dan tidak ada peserta didik yang tuntas. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media modul jayaku pada materi keliling dan luas daerah persegi, persegi panjang dan segitiga untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik, aktivitas belajar peserta didik dan keterampilan mengajar guru di kelas IV SD 4 Karangbener. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD 4 Karangbener dengan jumlah subjek 19 orang siswa dan seorang guru sebagai peneliti. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis, aktivitas belajar peserta didik serta keterampilan mengar guru. Sedangkan variabel bebasnya adalah model Problem Based Learning berbantuan media modul jayaku. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik tes dan non tes yang meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah pada siklus I yang memperoleh nilai rata-rata 64,74 (predikat perlu bimbingan) dengan persentase ketuntasan 36,85% (sangat rendah) mengalami peningkatan pada siklus II yang memperoleh nilai rata-rata 83,01 (predikat cukup) dengan persentase ketuntasan 89,47% (tinggi). Aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika pada siklus I sebesar 73,83 (predikat perlu bimbingan) meningkat pada siklus II dengan nilai 85,46 (predikat baik). Rata- rata keterampilan mengajar guru pada siklus I yaitu 2,85 (predikat baik) meningkat pada siklus II dengan rata-rata 3,50 (predikat sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media modul jayaku dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas IV SD 4 Karangbener. Oleh karena itu, disarankan untuk menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan modul jayaku sebagai salah satu model pembelajaran alternatif dalam melaksanakan pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Henry Suryo Bintoro, M.Pd. Pembimbing 2 Ratri Rahayu, M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Problem Based Learning, Modul Jayaku.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 09 May 2021 19:37
Last Modified: 09 May 2021 19:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14018

Actions (login required)

View Item View Item