ARDIEN, SHADY AZALEA (2020) Efl student teachers’ problems in implementing lesson plan in teaching internship program. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (857kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (358kB) | Preview |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (524kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (584kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (568kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (524kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (366kB) | Preview |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Keterampilan terpenting dalam mengajar adalah kemampuan mendesain dan mengimplementasikan rencana pembelajaran. Rencana pembelajaran adalah alat penting yang memandu mahasiswa mengatur komponen dalam proses belajar mengajar seperti tujuan pembelajaran, materi, langkah mengajar, penilaian dan lainnya sebelum melaksanakan praktik mengajar. Program magang mengajar adalah aktivitas menantang dari jurusan pendidikan bahasa Inggris yang harus diikuti mahasiswa semester tujuh untuk melatih kemampuan mengajar mereka. Oleh karena itu rancangan pembelajaran menjadi bekal utama yang bisa membantu mereka praktik mengajar dengan baik karena menyediakan bahan penting seperti cara mengajar, bagaimana menilai siswa dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan permasalahan mahasiswa dalam mengimplementasikan rencana pembelajaran di program magang mengajar dan strategi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu studi kasus. Peneliti mengumpulkan data melalui kuesioner online, wawancara online serta menganalisis dokumen. Peserta dari penelitian ini ada 36 mahasiswa semester tujuh yang mengikuti program magang mengajar di pendidikan bahasa Inggris Universitas Muria Kudus tahun akademik 2019/2020. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa ada 13 permasalahan dari penerapan rencana pembelajaran di magang mengajar yang dihadapi mahasiswa semester tujuh PBI UMK. Permasalahan tersebut antara lain adalah permasalahan dalam melakukan apersepsi, menguasai materi pembelajaran, strategi mengajar, pendekatan dalam mengajar, media dan sumber belajar mengajar, menyimpulkan materi, penilaian, respon para siswa, menghadapi situasi tak terduga, mengatur waktu, mengatur kelas, mengatur variasi mengajar yang menarik. Ada 11 strategi untuk mengatasi permasalahan tersebut yang diaplikasikan oleh mahasiswa. Antara lain adalah mencocokkan rencana pembelajaran dengan kebutuhan siswa, menggunakan brainstorming, menggunakan permainan, membuat modifikasi, berusaha fleksibel dan mudah beradaptasi, menggunakan PPT, menggunakan strategi diskusi, menggunakan catatan kecil atau rencana alternatif, konsultasi ke guru pamong, menggunakan variasi mengajar yang menarik seperti menggunakan variasi media dan metode menarik, mengatur waktu dengan baik. Oleh karena itu, peneliti berharap penelitian ini bisa diguanakan oleh mahasiswa sebagai refleksi diri untuk menganalisa masalah dan menemukan solusi yang tepat, dan untuk dosen supaya bisa membantu mahasiswa mengidentifikasi masalah mereka serta menyediakan strategi untuk mengatasinya. Lalu untuk peneliti selanjutnya semoga bisa melanjutkan penelitian ini dengan menemukan masalah dan solusi yang lainnya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | (1) Dr. Fitri Budi Suryani, S.S, M.Pd. (2) Sri Surachmi W, M.Pd. |
Kata Kunci: | Rencana Pembelajaran, Masalah, Penanganan |
Subjects: | Bahasa dan sastra > Bahasa Inggris |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 20:21 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 20:21 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14205 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |