Pengembangan modul pembelajaran tema 1 berbasis literasi digital untuk siswa kelas vi sekolah dasar

SUPRIHATI, SUPRIHATI (2020) Pengembangan modul pembelajaran tema 1 berbasis literasi digital untuk siswa kelas vi sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
COVER.pdf - Published Version

Download (618kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan bahan ajar dalam pembelajaran tematik di kelas VI sekolah dasar, (2) mengembangkan modul pembelajaran tema 1 berbasis literasi digital untuk siswa kelas VI sekolah dasar, (3) menganalisis kelayakan modul pembelajaran tema 1 berbasis literasi digital untuk siswa kelas VI sekolah dasar, (4) menganalisis tingkat kemenarikan modul pembelajaran tema 1 berbasis literasi digital untuk siswa kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan memodifikasi 10 langkah menurut Sugiyono yaitu : potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk,dan produk masal. Pengumpulan data melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu angket validasi ahli materi, angket validasi ahli desain, angket validasi praktisi pendidikan, dan angket respon siswa. Analisis data menggunakan metode statistik deskriptif untuk mengetahui kelayakan dan tingkat kemenarikan produk. Desain pengembangan modul pembelajaran tema 1 berbasis literasi digital ini memiliki langkah-langkah: (1) menganalisis silabus, (2) menetapkan tujuan, (3) menetapkan komponen modul, yang terdiri a) Pendahuluan: judul, kata pengantar, daftar isi, deskripsi, kompetensi inti, dan kompetensi dasar; b) pembelajaran, terdiri: tujuan pembelajaran, peta konsep, uraian materi, latihan aspek pengetahuan dan ketrampilan; c) penutup, terdiri: penilaian aspek pengetahuan, rubrik penilaian ketrampilan, dan daftar pustaka (4) menetapkan materi, (5) menetapkan tugas dan latihan, (6) menetapkan evaluasi, dan (7) merumuskan kunci jawaban terbukti sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas VI. Ujicoba produk diberikan kepada 10 siswa SDN karanganyar 2, sedangkan ujicoba pemakaian diberikan kepada 30 siswa dari sekolah-sekolah di gugus Nusantara. Validasi ahli materi, ahli desain bahan ajar, dan praktisi pendidikan berturut-turut sebesar 98%, 78,75%, dan 91% dengan rata-rata kelayakan sebesar 89,25%. Ujicoba produk, ujicoba pemakaian sebesar 80,4% dan 80,86%. Rata-rata respon siswa terhadap kemenarikan modul sebesar 80,63% dengan kategori sangat menarik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., Pembimbing II Dr, Su’ad, M.Pd.
Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Tema, Literasi Digital
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Jun 2021 21:28
Last Modified: 22 Jun 2021 21:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14215

Actions (login required)

View Item View Item