Pengaruh model student team achievement division berbantuan media alpin (album pintar) terhadap pemahaman konsep dan aktivitas siswa tema 6 Cita-citaku kelas iv sd 2 panjunan

RAHMAH, RIZQA AULIA (2020) Pengaruh model student team achievement division berbantuan media alpin (album pintar) terhadap pemahaman konsep dan aktivitas siswa tema 6 Cita-citaku kelas iv sd 2 panjunan. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (777kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Salah satu faktor rendahnya pemahaman konsep siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dan IPA adalah guru masih kurang inovatif dalam menggunakan model dan media pembelajaran, sehingga siswa menjadi pasif dan kurang menguasai kompetensi dasar pengetahuan pada pembelajaran Bahasa Indonesia dan IPA. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa antara sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran STAD berbantuan media Alpin, (2) mengukur peningkatan pemahaman konsep siswa setelah diajar menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan media Alpin,(3) menguji aktivitas siswa yang menerima model pembelajaran STAD berbantuan media Alpin dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal atau belum. Pemahaman konsep merupakan kemampuan untuk menyerap arti dari materi atau bahan yang dipelajari. Penelitian ini menggunakan model Student Team Achievement Division yang merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat mendorong siswa aktif dengan belajar secara berkelompok dan meningkatkan pemahaman konsep siswa karena dalam berkelompok siswa dapat saling belajar membelajarkan. Media Alpin (Album Pintar) merupakan media pembelajaran visual berupa album yang didalamnya terdapat beberapa gambar siklus hidup hewan serta materi tentang puisi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Pre-Eksperimental Design dan bentuk The One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 2 Panjunan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV SD 2 Panjunan yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data penelitian yaitu uji normalitas sebagai uji prasyarat. Pada pengujian hipotesis penelitian yang digunakan adalah uji paired sample t-test, uji N-gain, dan uji t deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa sesudah menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division berbantuan media Alpin, terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa sesudah menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan media Alpin, rata-rata aktivitas belajar dan pemahaman konsep siswa yang menerima model pembelajaran STAD berbantuan media Alpin mencapai KKM 70. Mengingat model pembelajaran STAD berbantuan media Alpin terbukti berpengaruh dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan IPA di sekolah dasar maka diharapkan kepada pendidik agar dapat menerapkan model pembelajaran STAD berbantuan media Alpin sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing (2) Much Arsyad Fardani, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Student Team Achievement Division, Media Alpin, Pemahaman Konsep, Aktivitas Siswa, Tema 6
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 25 Jun 2021 23:46
Last Modified: 25 Jun 2021 23:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14320

Actions (login required)

View Item View Item