Nilai pendidikan karakter dalam kumpulan cerita raja gembul karya soesilo toer dan kelayakannya sebagai sumber belajar Di sekolah dasar

HAKIM, MOH. LUQMAN (2021) Nilai pendidikan karakter dalam kumpulan cerita raja gembul karya soesilo toer dan kelayakannya sebagai sumber belajar Di sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (336kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (433kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam buku Kumpulan Cerita Raja Gembul Karya Soesilo Toer. Hal yang mendasari penulis tertarik untuk melaksanakan penelitian ini adalah masih belum banyak sumber atau bahan ajar di sekolah dasar yang tepat digunakan oleh siswa dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini memberikan referensi sumber belajar yang layak dari buku yang dapat disesuaikan dengan pembelajaran siswa di sekolah dasar. Buku Kumpulan Cerita Raja Gembul merupakan buku terbitan terbaru pada Februari 2020 yang merupakan karya dari Soesilo Toer. Hal unik dalam buku tersebut adalah isi di dalamnya yang seluruhnya memuat cerita khusus untuk anak. Beberapa cerita di dalam buku tersebut tidak sepenuhnya baru melainkan pula terdapat cerita-cerita yang telah lebih dulu terbit melalui berbagai media. Nilai-nilai karakter yang di analisis dalam buku sesuai dengan Pedoman Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa (2010) yang disusun oleh Badan Penelitian dan Pengembangan, bersumber dari agama, Pancasila, budaya, dan tujuan pendidikan nasional. Metode yang digunkan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik baca dan catat yaitu membaca buku kumpulan cerita Raja Gembul Karya Soesilo Toer da memasukkannya dalam kartu data untuk diberikan deskripsi Selanjutnya dilakukan pengecekan keabsahan data dan dilanjutkan dengan analisis datameliputi reduksi data, penyajian data, dan sampai pada penarikan kesimpulan yang dignakan untuk menentukan hasil dalam penelitian ini. Setelah dilakukan analisis menunjukkan hasil terdapat 8 nilai karakter yang ada dalam buku kumpulan cerita raja gembul. Nilai karakter tersebut adalah disiplin, kerja keras, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab. Tidak semua cerita yang dianalisis terdapat nilai karakter. Haltersebut dikarenakan nilai karakter yang termuat kurang terlihat dan hanya terdapat pada satubagian cerita saja, sehingga belum dapat mencerminkan nilai karakter dalam cerita

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Muhammad Noor Ahsin,S.Pd., M.Pd., Pembimbing 2 Much Arsyad Fardani.S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Raja Gembul, Sumber belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Jul 2021 19:58
Last Modified: 08 Jul 2021 19:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14444

Actions (login required)

View Item View Item