Peran guru dalam pembelajaran daring untuk menumbuhkan minat belajar siswa sekolah dasar Di desa kedungsari

Ro’ifah, Ratna (2021) Peran guru dalam pembelajaran daring untuk menumbuhkan minat belajar siswa sekolah dasar Di desa kedungsari. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
01. HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
02. BAB I.pdf - Accepted Version

Download (415kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
03. BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (796kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
04. BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
05. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
06. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (316kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
08. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: https://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini betujuan untuk menganalisis peran guru dalam pembelajaran daring untuk menumbuhkan minat belajar siswa sekolah dasar di desa kedungsari, dengan rumusan masalah bagaimana peran guru dalam pembelajaran daring dan bagaimana minat belajaar siswa pada saat belajar daring di SD 5 Kedungsari. Penelitian ini membahas tentang peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada saat belajar daring. Peran guru tidak hanya sebagai pengajar, tetapi guru juga mememiliki peran sebagai seorang pemimpin, sebagai pengelola kelas yang baik serta menjadi fasilitator bagi siswa sehingga siswa menjadi semangat dan tertarik untuk belajar. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam pembelajaran daring untuk menumbuhkan minat belajar siswa sekolah dasar di desa kedungsari. . Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai tahapan dalam pelaksanaan penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Kedungsari dengan informan penelitian 17 orang yang terdiri dari siswa SD dan guru SD yang ada di Desa Kedungsari. Penelitian ini dilaksanakan selama bulan oktober pada tanggal 5 oktober – 14 oktober 2020. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan dengan informan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan merupakan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Minat siswa dalam belajar selama masa pandemi ini masih rendah, hal ini terlihat dari sikap yang ditunjukan oleh siswa yaitu: a) siswa sulit untuk mempunyai kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan materi pelajaran yang di sampaikan secara online. b) Kurang ketertarikan siswa terhadap materi yang disampaikan secara daring. c) siswa merasa bosan dan jenuh dalam mengikuti materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. d) siswa tidak dapat mengendalikan dirinya untuk mengikuti kegiatan belajar yang baik. Adapun peran yang dilakukan oleh guru dalam menumbuhkan minat belajar siswa yaitu: a) Sebagai demonsator guru berperan sebagai pendidik dan pengajar. b) Guru mampu mengelola kelas dengan baik selama proses pembelajaran online berlangsung. c) Guru berusaha untuk menjalin komunikasi dengan semua siswa dan orang tua siswa. d) Guru melakukan evaluasi terhadap hasil belajar yang dicapai. Penelitian ini, seharusnya pada masa pandemi ini guru lebih aktif lagi dalam menjalankan tugas dan fungsinya, agar minat siswa dalam belajar tetap stabil dan menciptakan situasi belajar yang masih efektif dan kondusif, sehingga juga berpengaruh terhadap hasil belajar yang maksimal pada masa pandemi ini.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Ika Ari Pratiwi, S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A
Kata Kunci: Peran Guru, Pembelajaran Daring, Minat Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Sep 2021 19:04
Last Modified: 28 Sep 2021 19:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14955

Actions (login required)

View Item View Item