KURNIAWAN, WAHYU (2021) Pengaruh pendidikan dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru sekolah dasar luar biasa di kabupaten kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
![]() |
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version Download (529kB) |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (33kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (150kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (133kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (560kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (163kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (259kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (464kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis pengaruh pendidikan terhadap profesionalisme guru Sekolah Dasar Luar Biasa Di Kabupaten Kudus, 2) menganalisis pengaruh pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru Sekolah Dasar Luar Biasa Di Kabupaten Kudus, 3) menganalisis pengaruh pendidikan dan pengalaman mengajar secara simultan terhadap profesionalisme guru Sekolah Dasar Luar Biasa Di Kabupaten Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru SDLB di Kabupaten Kudus sebanyak 63 guru. Teknik pengambilan sampel dilakukan total sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pendidikan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru SDLB di Kabupaten Kudus (t=2,890; p=0,005). 2) Pengalaman mengajar secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru SDLB di Kabupaten Kudus (t=9,057; p=0,000). 3) Pendidikan dan pengalaman mengajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru SDLB di Kabupaten Kudus (F=54,437; p=0,000). Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,645 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pendidikan, dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru adalah 64,5%. Pengalaman mengajar memberikan pengaruh paling besar terhadap profesionalisme guru yaitu sebesar 55,4%, sedangkan pengaruh pendidikan sebesar 9,1%.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing I: Dr. Su’ad, M.Pd., dan Pembimbing II: Dr. Drs. Sukirman, S.Pd., SH., MM. |
Kata Kunci: | pendidikan, pengalaman mengajar, profesionalisme guru |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 29 Sep 2021 21:22 |
Last Modified: | 29 Sep 2021 21:22 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15014 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |