Pengaruh pendidikan dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru sekolah dasar luar biasa di kabupaten kudus

KURNIAWAN, WAHYU (2021) Pengaruh pendidikan dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru sekolah dasar luar biasa di kabupaten kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (529kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (33kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (259kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis pengaruh pendidikan terhadap profesionalisme guru Sekolah Dasar Luar Biasa Di Kabupaten Kudus, 2) menganalisis pengaruh pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru Sekolah Dasar Luar Biasa Di Kabupaten Kudus, 3) menganalisis pengaruh pendidikan dan pengalaman mengajar secara simultan terhadap profesionalisme guru Sekolah Dasar Luar Biasa Di Kabupaten Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru SDLB di Kabupaten Kudus sebanyak 63 guru. Teknik pengambilan sampel dilakukan total sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pendidikan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru SDLB di Kabupaten Kudus (t=2,890; p=0,005). 2) Pengalaman mengajar secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru SDLB di Kabupaten Kudus (t=9,057; p=0,000). 3) Pendidikan dan pengalaman mengajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru SDLB di Kabupaten Kudus (F=54,437; p=0,000). Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,645 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pendidikan, dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru adalah 64,5%. Pengalaman mengajar memberikan pengaruh paling besar terhadap profesionalisme guru yaitu sebesar 55,4%, sedangkan pengaruh pendidikan sebesar 9,1%.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing I: Dr. Su’ad, M.Pd., dan Pembimbing II: Dr. Drs. Sukirman, S.Pd., SH., MM.
Kata Kunci: pendidikan, pengalaman mengajar, profesionalisme guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Sep 2021 21:22
Last Modified: 29 Sep 2021 21:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15014

Actions (login required)

View Item View Item