Pengaruh model pembelajaran guide inquiry dan problem based learning terhadap efektivitas berpikir kritis peserta didik pada Mata pelajaran ipa kelas v Di sekolah dasar

CHRISTANTI, EMY (2021) Pengaruh model pembelajaran guide inquiry dan problem based learning terhadap efektivitas berpikir kritis peserta didik pada Mata pelajaran ipa kelas v Di sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (946kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (200kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (254kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran Guide Inquiry dan Problem Based Learning terhadap efektivitas berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V di Sekolah Dasar Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak..Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V sekolah dasar di Gugus Wijayakusuma. . Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantiatif, dengan jenis quasy eksperimen. Variabel X1 adalah model pembelajaran guide inquiry,variabel X2 adalah model Problem Based Learning dan variabel Y adalah kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengamatan. Adapuan analisis data menggunakan teknik uji homogenitas, uji normalitas, uji independen sampel t test Hasil penelitian (1) terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran guide Inquiry terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SDN Kedunguter Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak berdasarkan hasil uji independen sampel t-test dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung 3,389 > t-tabel 1,697, (2) terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V Pada mata pelajaran IPA di SDN Sampang 2 Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak, berdasarkan hasil uji independen sampel t-test dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung 3,389 > t-tabel 1,697, (3) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran guide inquirydan problem based learning dan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V Pada mata pelajaran IPA SDN Kedunguter dan SDN Sampang 2 Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak, berdasarkan hasil uji independen sampel t-test dengan nilai means pada kelas eksperimen 1 adalah 72,64 dan kelas eksperimen 2 adalah 77,56. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning lebih unggul digunakan dalam pembelajaran IPA dalam efektifitas berfikir kritis siswa di kelas V sekolah dasar dibandingkan model pembelajaran konvensional maupun model pembelajaran guide inquiry

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr.Murtono,M.Pd Pembimbing 2 Dr. Drs. Moh.Kanzunnudin,M.Pd
Kata Kunci: guide inquiry,problem based learning, kemampuan berfikir kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 30 Sep 2021 19:35
Last Modified: 30 Sep 2021 19:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15046

Actions (login required)

View Item View Item