Analisis hasil keterampilan menulis permulaan ditinjau dari kemampuan kognitif siswa Kelas 1 sd 3 piji kudus

PUTRI, REZA RIZKIANI (2021) Analisis hasil keterampilan menulis permulaan ditinjau dari kemampuan kognitif siswa Kelas 1 sd 3 piji kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (342kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (339kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis permulaan kelas 1 SD 3 Piji sesuai dengan kemampuan kognitif pada tahap operasional konkret, dengan rumusan masalah bagaimana keterampilan menulis permulaan siswa kelas 1 SD 3 Piji sesuai dengan kemampuan kognitif tahap operasional konkret dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keterampilan menulis permulaan anak dan bagaimana solusi untuk mengatasinya. Keterampilan menulis permulaan merupakan dasar pengajaran pertama kali diajarkan guru kepada anak kelas satu dan dua atau yang berada pada kelas rendah. Terdapat beberapa indikator keterampilan menulis permulaan. Sedangkan kemampuan kognitif adalah kemampuan memproses informasi yang diperoleh melalui indera.Dalam konteks pendidikan, mengacu pada teori Taksonomi Bloom bahwa pada fase ini anak memasuki jenjang C1 (mengingat), C2 (memahami), dan ranah C3 (menerapkan) yang masih dalam level rendah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analisis isi deskriptif. Tempat penelitian ini dilaksanakan di SD 3 PIJI. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berada di kelas 1. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini adalah hasil tulisan menulis siswa kelas 1 SD 3 Piji, dan hasil wawancara wali kelas 1. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini didapatkan melalui dokumentasi, catatan lapangan, dan data pendukung lainnya. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan wawancara yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas 1 sesuai dengan kemampuan kognitif tahap operasional konkret dalam hal keterampilan menulis sudah mampu dan menguasai indikator-indikator keterampilan menulis permulaan yaitu: 1) menuliskan huruf kapital, 2) menulis kata, 3) menyalin kata, dan 4) menulis kalimat sederhana. Dari 13 siswa hampir semua sudah mencapai dan menguasai indikator menulis permulaan. Hanya saja ada beberapa siswa yang penulisan huruf alfabet masih kurang sesuai dengan penulisan huruf alfabet yang terdapat di dalam PUEBI. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keterampilan menulis siswa adalah 1) media pembelajaran yang kurang sesuai dengan kondisi pandemi saat ini, 2) kemampuan motorik siswa yang berbeda antara satu dengan lainnyya, dan 3) faktor dari keluarga, kurangnya perhatian, serta dukungan yang diberikan kurang sesuai dengan perkembangan menulis anak. Penelitian ini hendaknya guru lebih memperhatikan keterampilan menulis siwa-siswinya, serta guru sebaiknya menyiapkan media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam belajar menulis. Bagi orang tua untuk lebih memberikan motivasi ataupun dukungan untuk putra/putrinya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Dr.Drs.Moh.Kanzunnudin, M.Pd Pembimbing 2. Nur Fajrie, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Keterampilan Menulis Permulaan, Kemampuan Kognitif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 09 Oct 2021 00:15
Last Modified: 09 Oct 2021 00:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15363

Actions (login required)

View Item View Item