Penerapan rational emotive behaviour therapy Teknik cognitive disputation untuk mengatasi kecemasan realistik ibu rumah tangga di Desa serut-sadang

PUTRI, ENDI ERLINA (2021) Penerapan rational emotive behaviour therapy Teknik cognitive disputation untuk mengatasi kecemasan realistik ibu rumah tangga di Desa serut-sadang. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan] Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (398kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (384kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Skripsi ini bertujuan untuk memaparkan kajian tentang pengaruh konseling REBT teknik Cognitive disputation dalam mengatasi kecemasan realistik selama masa pandemi covid- 19 di Desa Serut- sadang. Serta menemukan faktor- faktor penyebab kecemasan realistik pada Ibu rumah tangga di Desa Serut- sadang. Kecemasan realistik merupakan kecemasan yang dialami seseorang akibat adanya respon terhadap ancaman dari luar atau perasaan takut terhadap bahaya yang nyata yang disebabkan oleh lingkungan di sekitarnya. Kecemasan realistik ditandai dengan beberapa perubahan fisik seperti berkeringat dingin, gugup dan badan mudah pegal. Sedangkan segi psikis yaitu ketakutan dalam beraktivitas di saat pandemi, tidak nyaman beraktivitas. Konseling REBT adalah suatu pendekatan konseling yang menangani masalah yang berhubungan dengan emosi, kognisi, dan tingkah laku, dengan mengubah cara pandang klien yang irasional dan tidak logis agar klien dapat mengembangkan dirinya dengan baik dan optimis menggunakan teknik Cognitive disputation/ memperdebat keyakinan irasional konseli. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitian studi kasus. Subyek dalam penelitian ada 2 Konseli (Ibu R dan Ibu N) keduanya terindikasi mengalami kecemasan dalam menghadapi masa Pandemi covid-19. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor penyebab Ibu rumah tangga mengalami kecemasan realistik di masa pandemi covid- 19 adalah: 1) faktor internal yaitu presepsi yang negatif terhadap virus covid- 19. 2) faktor eksternal atau dari luar lingkungan yaitu dampak dari penyebaran berita mengenai covid- 19 baik di media sosial maupun lingkungan sosial serta tingkat kematian akibat virus covid- 19 yang merubah pola pikir konseli sehingga mengalami kecemasan realistik. Kemudian peneliti mengambil tindakan menggunakan pendekatan REBT teknik Cognitive disputation melalui layanan konseling individual. Hasil akhir dari pelaksanaan penelitian ini adalah adanya perubahan keyakinan rasional yang dimunculkan konseli dan perubahan perilaku adaptif konseli setelah mengikuti layanan konseling individual menggunakan pendekatan REBT teknik cogntive disputation.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Drs. Indah Lestari, S.Pd.,M.Pd. Kons, Pembimbing 2 Drs. Arista Kiswantoro, M.Pd,
Kata Kunci: Kecemasan Realistik, Pendekatan REBT, Teknik Cognitive disputation.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Oct 2021 20:21
Last Modified: 12 Oct 2021 20:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15464

Actions (login required)

View Item View Item