FADHLI, MUHAMMAD ROISUL (2021) Proses pembelajaran matematika materi bangun datar persegi dan persegi Panjang pada masa pandemi covid 19 di kelas iv sd 2 puyoh. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (HAL JUDUL)
1. COVER.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
Preview |
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (BAB II)
3. BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB III)
4. BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
![]() |
Text (BAB V)
6. BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download | Baca Disini |
![]() |
Text (LAMP[IRAN)
8. LAMPIRAN skripsi.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download |
Abstrak
Adanya pandemic covid-19 memberikan babak baru dalam pelaksanaan pembelajaran bagi siswa. Beberapa peraturan melarang adanya pembelajaran tatap muka di sekolah. Dengan adanya hal tersebut, maka pembelajaran daring menjadi satu-satunya alternatif yang dipakai agar tuntutan kurikulum tetap tercapai. Pembelajaran daring yang diterapkan meliputi Quizizz dan WhatsApp. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis data secara deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD 2 Puyoh, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus dengan subjek penelitian kelas IV SD yang berjumlah 6 siswa. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan adalah observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Data primer didapat dari lapangan baik melalui wawancara dengan pihak informan, sedangkan sumber data sekunder didapat dari guru, dokumentasi, sumber-sumber terpercaya seperti jurnal, internet, chat whatsapp grup dan sebagainya. Berdasarkan analisis proses pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan Whatsapp yang diterapkan kepada siswa kelas IV didapat bahwa kemampuan matematis tinggi dan sedang cukup efektif, namun dirasa kurang efektif untuk siswa dengan kemampuan matematis rendah. Hal ini disebabkan karena bagi siswa dengan kemampuan rendah memang pada dasarnya masih memerlukan bimbingan pada proses pembelajaran. Sedangkan pada kategori tinggi dan sedang sudah dapat melaksanakan pembelajaran matematika secara mandiri. Dampak pembelajaran matematika materi luas dan keliling persegi dan persegi panjang pada masa pandemi covid-19 di kelas IV SD 2 Puyoh menggunakan media Whatsapp dan Quizizz bagi siswa adalah jika dilakukan terus menerus, maka siswa merasa jenuh dan bosan dan tidak semua siswa dapat terlibat, khususnya siswa yang pada dasarnya adalah siswa pasif. Sedangkan kelebihannya adalah praktis, santai, fleksibel dilakukan kapanpun dan dimanapun, penyampaian informasi lebih cepat dan menjangkau banyak siswa dan siswa lebih mandiri dalam proses pembelajaran. Pembelajaran daring di sekolah dasar tidak terlepas dari orang tua. Oleh karenanya, diharapkan orang tua dapat memberikan bimbingan sekaligus pengawasan yang lebih kepada anak dalam pembelajaran. Di samping itu, guru dan orang tua secara berkala dapat saling memberikan informasi terhadap perkembangan belajar siswa selama pembelajaran daring.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1. Jayanti Putri Purwaningrum, M.Pd., Pembimbing 2. Khamdun, M. Pd. |
Kata Kunci: | Bangun Datar Persegi dan Persegi Panjang, Pandemi Covid 19, dan Pembelajaran Matematika. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 02:46 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 02:46 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15801 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
