Peranan e-commerce dalam meningkatan daya saing keuangan inklusif umkm di kabupaten kudus yang berbasis fintech

Zuliyati, Zuliyati and Triyanto, Wiwit Agus and Handayani, Retno Tri (2020) Peranan e-commerce dalam meningkatan daya saing keuangan inklusif umkm di kabupaten kudus yang berbasis fintech. [Experiment]

[thumbnail of Halaman judul]
Preview
Text (Halaman judul)
Halaman Depan (1).pdf - Published Version

Download (637kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[thumbnail of Bab II]
Preview
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version

Download (483kB) | Preview
[thumbnail of Bab III]
Preview
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of Bab IV]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (793kB) | Preview
[thumbnail of Bab V]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran]
Preview
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstrak

Perdagangan berbasis online mengubah paradigma perdagangan tradisional, melalui pertemuan antara konsumen dan pedagang berubah menjadi transaksi online tanpa batas jarak dan waktu. E-commerce mengubah UMKM untuk melakukan perdagangan secara online dengan memanfaatkan internet dan web, sehingga e-commerce menjadikan proses jual beli tidak terhalang jarak dan waktu. Perubahan inilah yang mendorong munculnya Fintech (Financial Technologi). Banyak UMKM gulung tikar karena kalah bersaing dengan UMKM yang bisa memanfaatkan teknologi dalam mengelola bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh e-commerce terhadap pengelolaan keuangan berbasis fintech pada UMKM di Kabupaten Kudus, sehingga diharapkan e-commerce mempunyai peranan dalam meningkatkan daya saing keuangan inklusif UMKM di Kabupaten Kudus berbasis fintech. Populasi yang digunakan adalah UMKM pelaku e-commerce di kabupaten Kudus dengan pemilihan sampel menggunakan metode Teknik purposive sampling dengan kriteria UMKM yang tergabung dalam komunitas shopee. Dengan jumlah sampel sebesar 112 UMKM .Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda serta uji beda . Hasil penelitian membuktikan bahwa e-commerce berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan berbasis fintech, serta tidak ada perbedaan pengaruh e-commerce terhadap fintech antara UMKM yang mempunyai followers 1000 . Luaran Penelitian ini adalah meningkatnya daya saing keuangan inklusif UMKM berbasis fintech serta publikasi ilmiah berupa jurnal nasional pada Jurnal Akuntansi Indonesia.

Item Type: Experiment
Kata Kunci: Fintech, e-commerce, UMKM, komunitas shopee
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan
Ilmu-ilmu Sosial > Industri. Pemanfaatan lahan. Perburuhan > Industri kecil & menengah > UMKM, Usaha kecil dan menengah, kerajinan, karya seni
Teknologi > Teknologi (umum)
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Mar 2022 01:35
Last Modified: 15 Mar 2022 01:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15957

Actions (login required)

View Item View Item