Rumiasih, Rumiasih (2022) Pengembangan modul cerita bergambar untuk peningkatan keterampilan bahasa indonesia di sd kecamatan jakenan kabupaten pati. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Keterampilan berbicara adalah seni berbicara yang dimiliki seseorang. Keterampilan berbicara ini dimiliki oleh seseorang secara alami atau dengan menggunakan latihan khusus. Faktor penyebab rendahnya keterampilan berbicara dalam pembelajaran adalah penggunaan metode pembelajaran dan media pembelajaran yang masih belum optimal. Dengan menggunakan media yang tepat berupa modul cerita bergambar, siswa akan dapat mengembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga dapat berkembang secara mandiri sehingga dapat mengembangkan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengidentifikasi Kebutuhan Guru dan Siswa Terhadap Modul Cerita Bergambar untuk Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia di SD, 2) Mengembangkan Modul Cerita Bergambar untuk Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia di SD 3) Menguji Validasi Modul Cerita Bergambar untuk Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia di SD, 4) Menjelaskan Efektivitas Pengembangan Modul Cerita Bergambar untuk Keterampilan Bahasa Indonesia di SD. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan meliputi: 1) Analisis kebutuhan, melalui observasi dan wawancara, 2) Pengumpulan data, 3) Mendesain produk, 4) Validasi produk, 5) Revisi Desain, 6) Uji coba produk, 7) Revisi Produk, 8) Uji Coba pemakaian, 9) Revisi produk, dan 10) Pembuatan produk masal. Produk penelitian adalah modul cerita bergambar pada materi Bahasa Indonesia Kelas V SD. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah daftar pertanyaan wawancara, observasi dan lembar kuisioner untuk validasi. Modul cerita bergambar yang dikembangkan, efektif untuk keterampilan berbicara Bahasa Indonesia kelas V SD. Hal tersebut dibuktikan dari hasil indeks n-gain pada kelas eksperimen lebih tinggi daripda kelas kontrol. Kelas eksperimen mengalami peningkatan 0,58 dalam kategori sedang dan kelas kontrol 0,26 pada kategori rendah. Uji efektifitas dengan uji paired sample t-test dalam mengetahui peningkatan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai thitung = 17,826 > ttabel = 2,02619 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata keterampilan berbicara Bahasa Indonesia siswa untuk pre-test kelas eksperimen dengan post-test kelas eksperimen. Berdasar hasil pair kelompok kontrol diperoleh nilai thitung = 7,441 > ttabel = 2,03011 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata keterampilan berbicara siswa untuk pre-test kelas kontrol dengan post-test kelas kontrol.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | I) Dr. Murtono, M. Pd., Advisor II) Dr. Moh Kanzunnudin, M. Pd. |
Kata Kunci: | Modul Cerita Bergambar, Keterampilan Berbicara |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 03:31 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 03:31 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16040 |
Actions (login required)
View Item |