Pengembangan modul cerita bergambar untuk peningkatan keterampilan bahasa indonesia di sd kecamatan jakenan kabupaten pati.

Rumiasih, Rumiasih (2022) Pengembangan modul cerita bergambar untuk peningkatan keterampilan bahasa indonesia di sd kecamatan jakenan kabupaten pati. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Keterampilan berbicara adalah seni berbicara yang dimiliki seseorang. Keterampilan berbicara ini dimiliki oleh seseorang secara alami atau dengan menggunakan latihan khusus. Faktor penyebab rendahnya keterampilan berbicara dalam pembelajaran adalah penggunaan metode pembelajaran dan media pembelajaran yang masih belum optimal. Dengan menggunakan media yang tepat berupa modul cerita bergambar, siswa akan dapat mengembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga dapat berkembang secara mandiri sehingga dapat mengembangkan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengidentifikasi Kebutuhan Guru dan Siswa Terhadap Modul Cerita Bergambar untuk Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia di SD, 2) Mengembangkan Modul Cerita Bergambar untuk Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia di SD 3) Menguji Validasi Modul Cerita Bergambar untuk Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia di SD, 4) Menjelaskan Efektivitas Pengembangan Modul Cerita Bergambar untuk Keterampilan Bahasa Indonesia di SD. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan meliputi: 1) Analisis kebutuhan, melalui observasi dan wawancara, 2) Pengumpulan data, 3) Mendesain produk, 4) Validasi produk, 5) Revisi Desain, 6) Uji coba produk, 7) Revisi Produk, 8) Uji Coba pemakaian, 9) Revisi produk, dan 10) Pembuatan produk masal. Produk penelitian adalah modul cerita bergambar pada materi Bahasa Indonesia Kelas V SD. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah daftar pertanyaan wawancara, observasi dan lembar kuisioner untuk validasi. Modul cerita bergambar yang dikembangkan, efektif untuk keterampilan berbicara Bahasa Indonesia kelas V SD. Hal tersebut dibuktikan dari hasil indeks n-gain pada kelas eksperimen lebih tinggi daripda kelas kontrol. Kelas eksperimen mengalami peningkatan 0,58 dalam kategori sedang dan kelas kontrol 0,26 pada kategori rendah. Uji efektifitas dengan uji paired sample t-test dalam mengetahui peningkatan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai thitung = 17,826 > ttabel = 2,02619 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata keterampilan berbicara Bahasa Indonesia siswa untuk pre-test kelas eksperimen dengan post-test kelas eksperimen. Berdasar hasil pair kelompok kontrol diperoleh nilai thitung = 7,441 > ttabel = 2,03011 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata keterampilan berbicara siswa untuk pre-test kelas kontrol dengan post-test kelas kontrol.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: I) Dr. Murtono, M. Pd., Advisor II) Dr. Moh Kanzunnudin, M. Pd.
Kata Kunci: Modul Cerita Bergambar, Keterampilan Berbicara
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Mar 2022 03:31
Last Modified: 23 Mar 2022 03:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16040

Actions (login required)

View Item View Item