Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning dan kooperatif tipe jigsaw berbantuan tik terhadap hasil belajar ipa siswa kelas vi sekolah dasar

Khariroh, Siti (2022) Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning dan kooperatif tipe jigsaw berbantuan tik terhadap hasil belajar ipa siswa kelas vi sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (540kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (671kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (737kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (474kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini (1) menganalisis pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI Sekolah Dasar. (2) menganalisis pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berbantuan TIK terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI Sekolah Dasar (3) menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI Sekolah. (4) menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan TIK terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI Sekolah Dasar. (5) menganalisis perbedaan pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dan kooperatif tipe jigsaw berbantuan TIK terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen (true Experiment Design ), desain penelitian yang digunakan adalah The Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian eksperimen ini adalah SDN Pecuk 1 yang jumlah siswanya sebanyak 20 siswa, siswa kelas VI SDN Rejosari 1 yang jumlah siswa sebanyak 22 siswa, SDN Jleper 2 yang jumlah siswanya sebanyak 22 siswa, SDN Rejosari 2 yang yang jumlah siswanya sebanyak 23 siswa sebagai kelas eksperimen. Dan siswa kelas VI SDN Jleper 1 dengan jumlah siswa 24 dan sebagai kelas kontrol. Tehnik pengambilan sampel adalah purpose sampling. Instrumen penelitian berupa tes uraian. Teknik analisis data dengan deskripsi data, uji normalitas dan uji homogenitas, uji t serta N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh signifikan model Contextual Teaching and Learning sebesar 62,38%. (2) terdapat pengaruh signifikan model Contextual Teaching and Learning sebesar 85,14%. (3) terdapat pengaruh signifikan model kooperatif tipe Jigsaw sebesar 53,54%. (4) terdapat pengaruh signifikan model kooperatif tipe Jigsaw berbantuan TIK sebesar 70,60%. (5) terdapat perbedaan signifikan model Contextual Teaching and Learning dan kooperatif tipe Jigsaw berbatuan TIK sebesar 14,54%. Simpulan penelitian ini yaitu ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan kooperatif tipe Jigsaw Berbantuan TIK terhadap hasil belajar IPA siswa keals VI Sekolah Dasar. Disarankan penggunaan model Contextual Teaching and Learning dan kooperatif tipe Jigsaw Berbantuan TIK dalam proses pembelajaran karena mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: I) Dr. Sri Utaminingsih, M. Pd., Pembimbing II) Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin, M. Pd.
Kata Kunci: Contextual Teaching And Learning (CTL), Kooperatif Tipe Jigsaw TIK, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan > Pendidikan berbasis kompetensi
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pengajaran (prinsip dan praktek)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Mar 2022 03:45
Last Modified: 23 Mar 2022 03:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16044

Actions (login required)

View Item View Item