SUHARSONO, RAHMAWATI (2022) Pengaruh teknik pembelajaran ecoprint terhadap peningkatan kecerdasan naturalis dan motivasi belajar siswa taman kanak-kanak di kecamatan jati kabupaten kudus. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (718kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (110kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (534kB) | Request a copy |
|
Text (Bab II)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (542kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (758kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (379kB) | Request a copy |
|
Text (Bab VI)
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (178kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (323kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kecerdasan naturalis dan motivasi belajar siswa taman kanak-kanak yang diakibatkan oleh minimnya kepekaan sosial serta respon anak terhadap lingkungan sekitar. Sehingga diperlukan stimulus yang tepat berupa media dan sumber belajar yang berasal dari lingkungan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah pembelajaran ecoprint berpengaruh terhadap kecerdasan naturalis siswa taman kanak-kanak di Kecamatan Jati Kabupaten Kudus?, (2) apakah pembelajaran ecoprint berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa taman kanak-kanak di Kecamatan Jati Kabupaten Kudus?, (3) seberapa besar pengaruh pembelajaran ecoprint berpengaruh terhadap kecerdasan naturalis dan motivasi belajar siswa taman kanak-kanak di Kecamatan Jati Kabupaten Kudus?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi-experimental dengan desain nonequalivalent control group design. Populasi adalah seluruh siswa berusia 4-5 tahun di gugus PAUD Dahlia Kecamatan Jati Kabupaten Kudus yang berjumlah 251 anak. Sampel dari penelitian ini anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-kanak Yayasan Wanita Kereta Api (TK YWKA) Kudus dan Kelompok Bermain Aisyiyah Getas Pejaten yang semuanya berjumlah 66 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, tes dan angket. Teknik analisis data adalah uji t test dan uji manova, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran ecoprint berpengaruh terhadap kecerdasan naturalis siswa taman kanak-kanak di Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Ini terlihat dari data nilai skor posttest pada kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 84,00 > 57,09, (2) pembelajaran ecoprint berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa taman kanak-kanak di Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Ini terlihat dari data nilai skor posttest pada kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 65,12 > 45,64. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran ecoprint lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, (3) besarnya pengaruh pembelajaran ecoprint terhadap kecerdasan naturalis siswa taman kanak-kanak adalah 77,5 % berada pada interval g > 0,7 yaitu berinterpretasi tinggi. Sedangkan besarnya pengaruh pembelajaran ecoprint terhadap motivasi belajar siswa taman kanak-kanak adalah 55,7 % berada pada interval 0,3 ≤ g ≤ 0,7 yaitu berinterpretasi sedang.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | I) Dr. Ir. Endang Dewi Murrinie, MP., II) Dr. Mochamad Widjanarko, S.Psi., M.Si. |
Kata Kunci: | Pembelajaran Ecoprint, Kecerdasan Naturalis, Motivasi Belajar, Siswa Taman Kanak-Kanak |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Taman kanak-kanak Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pengajaran (prinsip dan praktek) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 04:54 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 04:54 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16062 |
Actions (login required)
View Item |