Pengaruh teknik pembelajaran ecoprint terhadap peningkatan kecerdasan naturalis dan motivasi belajar siswa taman kanak-kanak di kecamatan jati kabupaten kudus

SUHARSONO, RAHMAWATI (2022) Pengaruh teknik pembelajaran ecoprint terhadap peningkatan kecerdasan naturalis dan motivasi belajar siswa taman kanak-kanak di kecamatan jati kabupaten kudus. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (718kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (758kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab VI] Text (Bab VI)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kecerdasan naturalis dan motivasi belajar siswa taman kanak-kanak yang diakibatkan oleh minimnya kepekaan sosial serta respon anak terhadap lingkungan sekitar. Sehingga diperlukan stimulus yang tepat berupa media dan sumber belajar yang berasal dari lingkungan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah pembelajaran ecoprint berpengaruh terhadap kecerdasan naturalis siswa taman kanak-kanak di Kecamatan Jati Kabupaten Kudus?, (2) apakah pembelajaran ecoprint berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa taman kanak-kanak di Kecamatan Jati Kabupaten Kudus?, (3) seberapa besar pengaruh pembelajaran ecoprint berpengaruh terhadap kecerdasan naturalis dan motivasi belajar siswa taman kanak-kanak di Kecamatan Jati Kabupaten Kudus?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi-experimental dengan desain nonequalivalent control group design. Populasi adalah seluruh siswa berusia 4-5 tahun di gugus PAUD Dahlia Kecamatan Jati Kabupaten Kudus yang berjumlah 251 anak. Sampel dari penelitian ini anak usia 4-5 tahun di Taman Kanak-kanak Yayasan Wanita Kereta Api (TK YWKA) Kudus dan Kelompok Bermain Aisyiyah Getas Pejaten yang semuanya berjumlah 66 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, tes dan angket. Teknik analisis data adalah uji t test dan uji manova, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran ecoprint berpengaruh terhadap kecerdasan naturalis siswa taman kanak-kanak di Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Ini terlihat dari data nilai skor posttest pada kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 84,00 > 57,09, (2) pembelajaran ecoprint berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa taman kanak-kanak di Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Ini terlihat dari data nilai skor posttest pada kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 65,12 > 45,64. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran ecoprint lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, (3) besarnya pengaruh pembelajaran ecoprint terhadap kecerdasan naturalis siswa taman kanak-kanak adalah 77,5 % berada pada interval g > 0,7 yaitu berinterpretasi tinggi. Sedangkan besarnya pengaruh pembelajaran ecoprint terhadap motivasi belajar siswa taman kanak-kanak adalah 55,7 % berada pada interval 0,3 ≤ g ≤ 0,7 yaitu berinterpretasi sedang.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: I) Dr. Ir. Endang Dewi Murrinie, MP., II) Dr. Mochamad Widjanarko, S.Psi., M.Si.
Kata Kunci: Pembelajaran Ecoprint, Kecerdasan Naturalis, Motivasi Belajar, Siswa Taman Kanak-Kanak
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Taman kanak-kanak
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pengajaran (prinsip dan praktek)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Mar 2022 04:54
Last Modified: 23 Mar 2022 04:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16062

Actions (login required)

View Item View Item