Penggunaan aplikasi microsoft teams dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi siswa di sman 2 kudus

Aini, Nurul Lailatul (2022) Penggunaan aplikasi microsoft teams dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi siswa di sman 2 kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

KLIK BACA DISINI UNTUK MEMBACA SECARA ONLINE

[thumbnail of Halaman judul]
Preview
Text (Halaman judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download | Baca Disini
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui motivasi siswa dalam pembelajaran jarak jauh teks laporan hasil observasi kelas X di SMAN 2 Kudus dan mengetahui penerapan aplikasi microsoft teams dalam pembelajaran jarak jauh teks laporan hasil observasi siswa kelas X di SMAN 2 Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 1, X MIPA 2, dan X MIPA 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMAN 2 Kudus merupakan sekolah yang dahulu sebagai pendidikan guru atau SPG yang berlokasi di jalan Ganesha Kelurahan Purwosari Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. SPG tersebut telah menghasilkan lulusan sebagai tenaga pengajar atau seperti lulusan universitas keguruan. SPG tersendiri hanya berlangsung selama beberapa tahun. Dahulu tempat SMA 2 Kudus ini bukan sebesar pada masa ini, bangunan kantor guru tersebut merupakan bangunan yang dulu tempat sebagai halaman yang terdapat patung hasil kerajinan anak SPG. Yang mempunyai dua program jurusan yaitu MIPA dan IPS dan sudah terakreditasi A. Motivasi siswa dalam pembelajaran jarak jauh teks laporan hasil obervasi kepada 100 siswa dengan jumlah 54 item soal menggunakan kuesioner. Bahwa hasil terdiri dari lima kategori motivasi dalam belajar, yaitu skor 1 untuk sangat rendah (SR), skor 2 untuk rendah (R), skor 3 untuk sedang (S), skor 4 untuk tinggi (T), dan skor 5 untuk sangat tinggi (ST). Sebanyak 1 siswa memilih pada kategori 1 yaitu sangat rendah. Kemudian sebanyak 2 siswa memilih pada kategori 2 yaitu rendah. Sebanyak 60 siswa memilih pada kategori 3 yaitu sedang. Selanjutnya sebanyak 17 siswa memilih pada kategori 4 yaitu tinggi. Sebanyak 20 siswa memilih pada ketegori 5 yaitu sangat tinggi. Berdasarkan data di atas, maka kategori yang dipilih terbanyak pada kategori 3 atau terdapat di rata-rata sedang yaitu sebanyak 60 siswa dari total 100 siswa. Penerapan aplikasi microsoft teams dalam pembelajaran jarak jauh teks laporan hasil observasi siswa pada kelas X MIPA 1, X MIPA 2, dan X MIPA 3 dikatakan berjalan dengan cukup baik, efektif dan efisien. Berbagai fitur dalam satu aplikasi yang membuatnya lebih mudah diakses oleh guru dan siswa, karena guru dapat menyampaikan materi menggunakan berbagai fasilitas atau fitur yang disediakan oleh tim, tidak hanya dalam bentuk teks tetapi juga dalam bentuk video. Selain itu, guru juga dapat menilai keaktifan siswanya dengan fitur obrolan, dan dapat secara efisien menetapkan tugas sebagai bahan evaluasi untuk melihat tingkat pemahaman siswa. Selain itu, tim juga dapat digunakan untuk reservasi video untuk pembelajaran tatap muka via online. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan microsoft teams cukup efisien dalam proses pembelajaran online saat ini. Fitur-fitur yang digunakan dalam proses pembelajaran meliputi; 1. Aktivitas (activity), 2. Obrolan (chat), 3. Postingan (post), 4. File (files), 5. Tugas (assignment), 6. Nilai (grade), 7. Ekspor nilai, dan 8. Meet atau video conference.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: 1. Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd. 2. Ristiyani, M.Pd.
Kata Kunci: Microsoft Teams, Motivasi, Menulis Teks Laporan Hasil Observasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Bahasa dan sastra > Sastra (Umum)
Program Studi: DDC > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Mar 2022 03:00
Last Modified: 28 Mar 2022 03:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16166

Actions (login required)

View Item View Item