Analisis metode pelatihan teater untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak usia sekolah dasar di sanggar teater kampung budaya

Syafi'i, Maulana (2022) Analisis metode pelatihan teater untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak usia sekolah dasar di sanggar teater kampung budaya. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (859kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian untuk mendeskripsikan analisis metode pelatihan teater untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak usia sekolah dasar di sanggar teater kampung budaya. Teater merupakan sesuatu yang dipertontonkan di depan orang banyak atau dideskripsikan seperti drama sebagai hasil karya seni yang menampilan perilaku manusia seperti gerkaan, nyanyian dan tarian yang disajikan dengan dialog. Melalui pelatihan teater anak-anak akan lebih mudah unjuk diri dan mampu menumbuhkan rasa percaya dirinya. Menumbuhkan rasa percaya diri banyak cara yang bisa dilakukan yaitu dengan kegaiatan di luar sekolah. Salah satu kegiatan diluar sekolah yaitu mengikuti pelatihan teater di Sanggar Kampung Budaya Piji Wetan Kudus. Dengan mengikuti teater anak-anak bisa mengembangkan bakat dan keterampilan melalui seni peran atau teater. Seni teater dapat membangun rasa percaya diri anak-anak dan menumbuhkan empati mereka melalui penghayatan berbagai cerita tradisional Indonesia. Penelitian ini menggunakan penelitian naratif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di Sanggar Teater Kampung Budaya Piji Wetan Dawe Kudus. Obyek yang diteliti adalah metode pelatihan teater dalam menumbuhkan rasa percaya diri anak usia SD/MI dan subjek penelitian adalah 6 anak yang mengikuti pelatihan dan 2 pelatih. Berdasarkan hasil penelitian deskripsi kualitatif yang sudah dilaksanakan metode pelatihan dalam menumbuhkan rasa percaya diri anak usia SD/MI di Sanggar teater Kampung Budaya dapat disimpulkan bahwa penerapan metode dalam menumbuhkan rasa percaya diri anak degan menggunakan metode olah tubuh dan terdapat 4 teknik gerak yaitu teknik cermin, teknik gerak dan tatap muka, teknik melenturkan tubuh, dan teknik gerak bersama. Dalam pelaksanaan pelatihan terdapat kendala yaitu saling ejek atar teman, rasa malu dan munculnya rasa malas dalam pelatihan. Sedangankan, cara mengatasi kendala pelatih yaitu pertama pemberian contoh, pengendalian dan yang paling penting motivasi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: (1) Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd. (2) Much Arsyad Fardani, M.Pd.
Kata Kunci: Metode Pelatihan, Teater, Rasa Percaya diri
Subjects: Geografi. Antropologi. Rekreasi > Perilaku dan kebiasaan umum
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Mar 2022 02:35
Last Modified: 29 Mar 2022 02:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/16201

Actions (login required)

View Item View Item