MARDHIYAH, UMI (2022) Pengaruh model project based learning berbantun E-modul lubuk etnomatematika terhadap Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (Halaman Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version Download (399kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab I.pdf - Published Version Download (131kB) | Preview |
Text (BAB 2)
Bab II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (550kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (593kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (178kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (178kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Hasil studi pendahuluan di SMP Negeri 5 Pati diperoleh nilai rata-rata yaitu 34,167, dengan nilai tertinggi 65 dan terendah 10. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah, sehingga perlu bimbingan dan latihan soal cerita yang dikaitkan dengan kehidupan nyata atau kebudayaan agar kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dapat meningkat. Tujuan penelitian ini yaitu, (1) menguji rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas yang diberikan pembelajaran model Project Based Learning berbantuan e-modul lubuk etnomatematika lebih baik daripada kelas dengan pembelajaran langsung; (2) menguji kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model Project Based Learning berbantuan e-modul lubuk etnomatematika dapat mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum; (3) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa meningkat dengan model Project Based Learning berbantuan e-modul lubuk etnomatematika daripada pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan design penelitian quasi experimental design dan bentuk penelitian the nonequivalent pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dimana VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII E sebagai kelas kontrol. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis, sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran dan media pembelajaran. Analisis data yang digunakan, meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata, serta analisis data akhir meliputi uji t dua sampel independen, uji t satu sampel, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan model PjBL berbantuan e-modul lubuk etnomatematika lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran langsung, (2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan model PjBL berbantuan e-modul lubuk etnomatematika dapat mencapai kriteria ketuntasan minimum, (3) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum dan sesudah diajarkan dengan model PjBL berbantuan e-modul lubuk etnomatematika. Simpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh model PjBL berbantuan e-modul lubuk etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1. Savitri Wanabuliandari,M.Pd. Dosen Pembimbing 2.Henry Suryo Binoro,S.Pd.,M.Pd |
Kata Kunci: | E-modul lubuk etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, dan Model Project Based Learning. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 Dec 2022 18:46 |
Last Modified: | 19 Dec 2022 18:46 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17369 |
Actions (login required)
View Item |