FAIZAH, NOOR (2021) Pengembangan media cerita bergambar digital Dalam mengatasi kesulitan belajar Ips siswa kelas v sd 9 gondosari. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (241kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (464kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (174kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (765kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (127kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (221kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (25MB) | Request a copy |
Abstrak
Latar belakang penelitian in tentang kesulitan belajar pada pembelajaran IPS yang diperoleh dari data observasi dan wawancara yang disebabkan karena siswa kurang bermotivasi dalam belajar, materi yang terlalu luas dan kebanyakan bacaan. Adapun rumusan masalah yang diambil adalah (1) apa kebutuhan siswa dalam mengatasi kesulitan pada pembelajara IPS Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Kelas V SD Negeri 9 Gondosari? (2) Bagaimana desain pengembangan media buku cerita bergambar digital pada pembelajaran IPS Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi kelas V SD Negeri 9 Gondosari? (3) Bagaimana keefektifan media cerita bergambar digital IPS Materi Peristiwa Proklamasi kelas VSD Negeri 9 Gondosari?. Sesuai permasalahan tujuan peneliti untuk menganalisis kebutuhan siswa, membuat desain pengembangan cergam digital, dan menganalisis keefektifan cergam digital IPS Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development, yang mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Dengan subjek peserta didik kelas V SD 9 GONDOSARI untuk uji lapangan Persiapan dan uji lapangan utama skala kecil dengan pengambilan sample menggunakan ukuran minimal sampel yang dapat diterima berdasarkan pada desain penelitian yang digunakan, adalah Metode deskriptif Populasi 19 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran yang dikembangkan berupa cerita bergambar digital materi peristiwa proklamasi memiliki kriteria layak berdasarkan penilaian ahli materi sebesa 94%, dan ahli media sebesar 91%. berdasarkan hasil perhitungan disimpulkan cerita bergambar digital IPS materi peristiwa proklamasi kelas V SD layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Simpulan penelitian adalah cerita bergambar digital IPS materi peristiwa proklamasi efektif digunakan dalam pembelajaran dan dapat dikombinasikan dengan model pembelajaran yang efisien sehingga kegiatan pembelajaran menjadi lebih bermakna, bervariasi dan menyenangkan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing : 1. Dr. Murtono, M.Pd. 2. Much Arsyad Fardani, M.Pd. |
Kata Kunci: | Kesulitan Belajar, RnD, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 20:26 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 20:26 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17723 |
Actions (login required)
View Item |