PENDEKATAN BEHAVIORAL TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA PADA SISWA KELAS X SMA N 1 REMBANG

LARASATI, NUR (2021) PENDEKATAN BEHAVIORAL TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA PADA SISWA KELAS X SMA N 1 REMBANG. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Halaman Judul]
Preview
Text (Halaman Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (830kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB  3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penyesuaian Diri merupakan proses diterimanya kondisi diri sendiri di lingkungannya dengan proses belajar. Untuk melakukan penyesuaian diri perlu adanya proses pemahaman diri sendiri dan lingkungannya sehingga dapat terwujud keselarasan, kecocokan belajar dan faktor dari lingkungan sekitar baik faktor intern maupun ekstern. Self Management adalah teknik yang menunjukkan pada pelaksanaan dan penanganan kehidupan seseorang dengan, kesesuaian, kenyamanan, keharmonisan interaksi diri dengan lingkungan sekitar. Konseling behavioral adalah layanan konseling yang diberikan konselor kepada konseli dengan berpusat masalah pada tingkah laku klien maladaptive yang disebabkan oleh beberapa factor penyebab pola menggunakan suatu ketrampilan yang di pelajari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebab kurangnya kemampuan penyesuain diri siswa dan untuk memperoleh penyesuaian diri melalui layanan konseling Behavioral Teknik Self Management pada siswa SMA 1 Rembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus bimbingan dan konseling. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas X MIPA 1 ,2 siswa yang mengalami penyesuaian diri yang rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif. Sehingga nantinya diperoleh data yang akurat terhadap permasalahan yang diteliti yakni permasalahan penyesuaian diri yang rendah. Hasil penelitian disimpulkan bahwa siswi SW dan AR mengalami masalah penyesuaian diri yang ditunjukkan dengan rasa tidak percaya diri, minder dalam pergaulan dengan teman-temannya. Terdapat dua faktor penyebab penyesuaian diri rendah yang dialami SW dan AR yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor Internal SW adalah karena hubungan yang tidak harmonis pada orang tuanya dan keadaan ekonomi yang kurang mampu sedangkan AR dikarenakan trauma perceraian kedua orang tuanya. Sedangkan Faktor eksternal adalah lingkungan keluarga yang tidak mendukung psikologi mental SW dan AR. Dengan konseling behavioristik teknik self management dapat memahami cara penyesuaian diri yang baik menjadi lebih mengerti dan memahami bagaimana cara berpikir yang lebih terbuka untuk lebih memahami diri sendiri, mengenal kekurangan dan kelebihan yang dimiliki, cara berpikir positif dan meninggalkan pikiran negatif dalam upaya meningkatkan rasa percaya. Simpulan penelitian ini bahwa dengan pendekatan konseling behavioristic teknik self management dapat memberikan perubahan perilaku pada siswa yang mengalami kurang percaya diri.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1.Drs. Sucipto, M.Pd.Kons, Dosen Pembimbing 2.Nur Mahardika, S.Pd., M.Pd,
Kata Kunci: Behavioral Teknik Self Management, Penyesuaian Diri.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Jan 2023 21:19
Last Modified: 02 Jan 2023 21:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/17735

Actions (login required)

View Item View Item