Pengaruh model flipped classroom terhadap hasil dan motivasi belajar pembelajaran matematika materi penyajian data bagi siswa kelas v sekolah dasar di gugus pucang harapan kecamatan mranggen kabupaten demak

WIBOWO, WISNU WAHYU (2021) Pengaruh model flipped classroom terhadap hasil dan motivasi belajar pembelajaran matematika materi penyajian data bagi siswa kelas v sekolah dasar di gugus pucang harapan kecamatan mranggen kabupaten demak. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (82MB) | Request a copy

Abstrak

“Pengaruh Model Fliiped Classroom terhadap motivasi dan hasil belajar pembelajaran Matematika materi penyajian data siswa kelas V Sekolah Dasar”. Proposal Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Program Pascasarjana, Universitas Muria Kudus, Pembimbing I: Dr. Ahmad Hilal Madjidi, M.Pd., Pembimbing II: Dr. Gunawan Setiadi, M.Pd. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah menurunnya hasil belajar matematika SD di gugus Pucang Harapan ketika pembalajaran daring dibandingkan sebelum pembelajaran daring karena penerapan model pembelajaran daring yang kurang tepat, Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar siswa terhadap pembelajaran Matematika penyajian data siswa Sekolah Dasar di Gugus Harapan Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. 2) menganalisis pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran Matematika siswa Sekolah Dasar di Gugus Pucang Harapan Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak.. Penelitian ini eksperimental (experimental research) dengan desain quasi experimental design metode pretest posttest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN di gugus Pucang Harapan Kecamatan Mranggen sebanyak 263. Sampel penelitan adalah SDN Batursari 7 sebagai kelas kontrol dan SDN Batursari 1 sebagai kelas ekspsrimen (flipped classroom) dengan tehnik purpose sampling, Variabel penelitian yaitu model pembelajaran flipped classroom sebagai variabel bebas (X) variabel terikat hasil belajar (Y1) dan motivasi belajar (Y2). Instrumen penelitian berupa tes dan angket. Analisis data menggunakan deskripsi data, uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan uji manova (Multivariate Analysis of Variance) Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar siswa berdasarkan uji manofa sig hitung sebesar 0,000 maka 0,000 < 0,05 dengan besarnya pengaruh sebesar 61,8%. 2) terdapat pengaruh model pembelajaran pembelajaran Flipped Classroom terhadap motivasi belajar siswa SD berdasarkan uji manofa dengan sig hitung sebesar 0,000 maka 0,000 < 0,05 dan . besarnya pengaruh 80,6%. Simpulan dalam penelitian ini adalah Terdapat pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar dan motivasi belajar pada siswa SD Kelas V di gugus Pucang Harapan Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1. Dr. Ahmad Hilal Madjidi, M.Pd. 2. Dr. Gunawan Setiadi, M.Pd.
Kata Kunci: model Fliiped Classroom,Motivasi dan Hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Jan 2023 20:10
Last Modified: 05 Jan 2023 20:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18027

Actions (login required)

View Item View Item