MEIYANTI, ESTRI (2022) Pengembangan permainan pasaran berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan keterampilan berbahasa anak tk b rembang. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (717kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (216kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (518kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (492kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (265kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (690kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk 1)Menganalisisn Kebutuhan Permainan Pasaran Berbasis Kearifan Lokal Rembang untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Anak TK B Rembang 2)Mendeskripsikan Desain Permainan Pasaran Berbasis Kearifan Lokal Rembang untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Anak TK B Rembang 3) Menanalisis Kelayakna Permainan Pasaran Berbasis Kearifan Lokal Rembang untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Anak TK B Rembang 4)Mengembangkan Permainan Pasarn Berbasis Kearifan lokal Rembang untuk meningkatkan Keterampilan Berbahasa Anak TK B Rembang. Metode Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian dan Pengembangan atau Researt and Development (R&D)Menggunakan Borg and Gall dengan 10 Tahapan .Populasi dalam Penelitian ini adalah seluruh anak TK B di Gugus Dewi Sartika Rembang.Sampel dalam Penelitian ini adalah anak Kelompok B TK Nugraha Putra,TK Melati dan TK Nusa Indah yang Berjumlah 50 Anak.Teknik Pengumpulan Data Menggunakan Observasi,Angket,Wawancara dan Dokumentasi.Sedangkan Teknik analisis data menggunakan Analisis Deskriptif Kuantitatif,Uji Prasarat dan Uji t. Hasil Penelitian :I)diperlukan Pengembangan Permainan Pasaran berbasis Kearifan Lokal Rembang untuk meningkatkan Keterampilan Berbahasa Anak TK B Rembang 2)Pengembangan Permainan Pasaran Berbasis Kearifan Lokal dapat meningkatkan keterampilan berbahasa anak TK B Rembang 3)Pengembangan Permainan Pasaran Berbasis Kearifan lokal Rembang berdasarkan hasil validasi Ahli Materi dan Ahli Bahasa di nyatakan Layak untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Anak 4)Pengembangan permainan Pasaran berbasis Kearifan Lokal Efektifdigunakan untuk meningkatkan Keterampilan Berbahasa Anak TK B Rembang dengan Uji t sebesar 21.189 dan t Tabel Sebesar 4,381 Maka atau21.189>4.381 Sedangkan Nilai NGain Sebesar 71 dalam Kategori Efektif. Simpulan dalam Penelitian ini ialah Pengembangan Permainan Pasaran Berbasis Kearifan Lokal dibutuhkan ,Layak dan Efektif Sesuai dengan Desai Permainan Pasaran yang Relevan dengan kebutuhan Anak dan Guru.dari Simpulan tersebut maka disarankan untuk meningkatkan Keterampilan Berbahasa anak TK B Rembang Siswa dan Guru dapat Menggunakan Permainan Pasaran berbasis Kearifan lokal dalam Pembelajaran
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing : 1. Dr. Santoso, M.Pd 2. Dr. Mochammad Widjanarko,S.Psi,M.Si |
Kata Kunci: | Permainan Pasaran ,Kearifan Lokal dan Keterampilan Berbahasa |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 18:38 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 18:38 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18079 |
Actions (login required)
View Item |