SYAHDANNY, BINTANG ARIEF (2023) Error analysis of using simple present tense in students writing descriptive text at the tenth graders of smkn 2 kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version Download (380kB) | Preview |
Text (BAB II)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (450kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (454kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (743kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB V)
Bab V.pdf - Published Version Download (213kB) | Preview |
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (499kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (835kB) | Request a copy |
Abstrak
Analisis kesalahan adalah kegiatan mengidentifikasi, mengklasifikasikan, dan menginterpretasikan atau menggambarkan kesalahan. Kesalahan dapat terjadi saat menulis kalimat atau kata-kata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menggunakan simple present tanse pada tulisan siswa kelas X SMK N 2 KUDUS. Desain penelitian adalah kualitatif. Datanya adalah jenis kesalahan siswa dan faktor kesalahan saat menulis paragraf deskriptif. Sumber data diperoleh dari lima belas teks deskriptif yang ditulis oleh siswa kelas X SMK Negeri 2 Kudus pada tahun pelajaran 2022/2023 dan diperoleh dari wawancara dengan lima siswa di antara responden pada dokumen. Peneliti menemukan 45 kesalahan yang dibuat siswa dalam present simple ketika menulis deskriptif. Jenis kesalahan yang paling umum adalah kesalahan misinformasi sebesar 25% atau 55,5%. Ada 14 atau 31,1% kesalahan ommision. Kesalahan addition dan kesalahan misordering dengan setidaknya 3 kesalahan dan 6,7%. Peneliti menemukan faktor penyebab kesalahan dalam penggunaan simple present tanse termasuk carelessness sebanyak 28 kesalahan atau 80% dalam terjadinya kecerobohan verb-ing untuk mengingat jenis tenses. Terjemahannya 6 kesalahan atau 17,1%, penyebab kesalahan adalah beberapa siswa menerjemahkan setiap kata dalam kalimat ke dalam bahasa ibu mereka, dan struktur kata tidak benar. Bahasa ibu, kesalahannya mencapai 2,9%, penyebab kesalahan itu karena kebiasaan siswa ketika menulis kalimat dalam bahasa ibu mereka (bahasa Indonesia) ketika siswa berpikir bahwa pembentukan kata itu adalah ciptaan mereka. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X SMK N2 Kudus banyak melakukan kesalahan. Kesalahan morfologis atau struktural terjadi pada kecerobohan siswa dengan 28 kesalahan, 80%, karena mereka tidak mengerti teori, mereka juga terpengaruh oleh bahasa ibu mereka. Oleh karena itu, peneliti meminta guru untuk banyak menjelaskan tentang present simple dan bagaimana membuat kalimat yang baik dalam bahasa Inggris.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING I: Farid Noor Romadlon, S.Pd., M.Pd DOSEN PEMBIMBING II: Agung Dwi Nurcahyo, S.S., M.Pd, |
Kata Kunci: | Analisis Kesalahan, Simple Present Tanse, Descriptive |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 22:20 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 22:20 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20306 |
Actions (login required)
View Item |