SHOLIKAH, AL MAR’ATUS (2023) Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika kelas iv sdn 1 panjang. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (586kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (185kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (140kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (301kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (96kB) |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (241kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstrak
Kemampuan berpikir kritis siswa rendah karena siswa kurang aktif dalam pembelajaran terutama dalam mendeskripsikan maksud dan tujuan permasalahan, tidak mampu menarik kesimpulan. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SDN 1 Panjang. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dan mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi siswa dalam menyelesaikan persoalan matematika yang mencakup kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan siswa dalam menganalisis dan mengevaluasi informasi untuk memutuskan apakah informasi sehingga dapat digunakan untuk menarik kesimpulan yang valid. Matematika berkaitan erat dengan aktivitas dan proses belajar serta berpikir karena karakteristik matematika, yaitu matematika adalah pola berpikir, pola mengorganisasikan pembuktian yang logis, cermat, jelas dan akurat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang akan dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Panjang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Miles and Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kategori kemampuan berpikir kritis tinggi memenuhi semua indikator. Siswa dengan kategori kemampuan berpikir kritis sedang kurang mampu memenuhi semua indikator hanya memenuhi 2 indikator yaitu inferensi dan evaluasi. Siswa dengan kategori kemampuan berpikir kritis rendah dapat dikatakan bahwa siswa kurang mampu memenuhi keempat indikator. Faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa yaitu yaitu faktor psikologis dan faktor fisiologi. Maka dapat disimpulkan bahwa guru hendaknya mampu melatih dan mulai membiasakan memberikan latihan soal mengenai kemampuan berpikir kritis. Dengan memberikan soal tersebut diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Peningkatan yang sudah terjadi di kelas IV SDN 1 Panjang kemungkinan dapat diterapkan di kelas-kelas yang lain.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1 : F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Fitriyah Amaliyah |
Kata Kunci: | Kemampuan Berpikir Kritis, Matematika |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 19:03 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 19:03 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20417 |
Actions (login required)
View Item |