IDHAYANA, PUSPITA AYU (2023) Pemanfaatan media magic spin board melalui model discovery learning untuk meningkatan literasi sains dan literasi membaca siswa kelas v. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (704kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (266kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (376kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (936kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (153kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (243kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media magic spin board dengan penerapan model discovery untuk meningkatkan literasi sains dan literasi membaca siswa kelas V SD Negeri Sendangagung dan keterampilan mengajar guru. Literasi sains merupakan kemampuan membaca masalah, memecahkan masalah dan dapat menerapkan pengetahuan yang diperoleh. Literasi membaca merupakan kemampuan untuk mengakses dan mengambil informasi, mengintergrasikan dan mengintegrasikan dan menafsirkan teks, serta merefleksikan dan mengevaluasi teks. Keterampilan guru merupakan kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Hipotesis tindakan dalam penelitian yaitu pemanfaatan media magic spin board melalui model discovery learning dapat meningkatkan literasi sains, literasi membaca siswa kelas V SD Negeri Sendangagung dan keterampilan mengajar. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SD Negeri Sendangagung dengan subyek penelitian 20 siswa. Penelitian dilakukan dua siklus, dan setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan dengan empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu discovery learning dan media magic spin board, sedangkan variabel terikatnya literasi sains, literasi membaca dan keterampilan guru. Instrumen dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian dianggap berhasil ketika hasil literasi sains secara klasikal, literasi membaca secara klasikal dan keterampilan mengajar guru memperoleh kriteria minimal baik dengan presentase ≥ 75%. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan menunjukkan adanya peningkatan literasi sains, literasi membaca dan keterampilan mengajar guru. Literasi sains siklus 1 mendapatkan presentase rata-rata 68,41% dengan kriteria baik dan pada siklus 2 peningkatkan menjadi 80,06% dengan kriteria baik. Literasi membaca siswa juga mengalami peningkatan siklus 1 sebesar 67,48% dengan kriteria baik dan meningkat siklus 2 menjadi 80,75% dengan kriteria baik. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan pada siklus 1 sebesar 67,5% dengan kriteria cukup dan siklus 2 sebesar 80% dengan kriteria baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Penelitian menunjukkan bahwa literasi sains dan literasi membaca siswa dapat ditingkatkan melalui pemafaatan media magic spin board melalui model discovery learning pada tema peristiwa dalam kehidupan kelas V SD Negeri Sendangagung.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Dr. Khamdun, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing II: Lintang Kironoratri, S.Pd., M.Pd., |
Kata Kunci: | Literasi Sains, Discovery Learning, Magic Spin Board |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 01 Mar 2024 18:42 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 18:42 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20498 |
Actions (login required)
View Item |